Petunjuk Mengemudi Malam Hari

Mengemudi di malam hari itu terkadang lebih menyenangkan. Udara tidak panas, dan biasanya situasi lalu lintas lebih lenggang dibanding siang hari. Akan tetapi, pekerjaan ini terkadang berbahaya hingga Anda perlu jauh lebih berhati-hati. Berikut ini beberapa petunjuk yang patut Anda cermati, demi keselamatan Anda sendiri dan pengendara lain.
1. Yang harus diperhatikan adalah Anda harus melihat dan terlihat jelas. Yakinkan, lampu, kaca spion mobil Anda berdungsi baik dan dalam keadaan bersih.
2. Ketika mengemudi di malam hari, gunakan selalu lampu besar dan jangan membiasakan menggunakan lampu kecil ketika hari mulai gelap. Agar lebih aman, gunakan paku marka (delineator) dan patok penuntun (guide post) sebagai referensi dalam mengemudi.
3. Anda dapat melihat lebih baik dengan lampu jauh sampai dengan 100 m jarak pandang. Namun, jaga agar tidak menyilaukan orang lain yang datang dari arah berlawanan. Bila Anda abaikan, sorotan lampu jauh mobil Anda dapat menyilaukan pengendara lain hingga kehilangan kontrol. Tidak hanya orang lain yang dapat celaka, bisa jadi bakal mencelakakan diri Anda sendiri. Tapi, jika Anda menggunakan lampu pendek, jangan memacu mobil Anda lebih dari 65km/jam. Perhatikan itu!
4. Yang terpenting lagi, kalau ngantuk segera hentikan mobil Anda. Istirahat sejenak, keluar sebentar dari mobil adalah cara ampuh mengusir ngantuk. Selamat jalan, semoga selamat sampai tujuan! [cq]


  • READ MORE.......


  • fr.duniaOTO.com

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    AC kurang dingin, rear door, logo, alternator

    AC kurang dingin
    Maaf jika ada pertanyaan seblmnya :-) Montera saya tahun 2000 AC-nya kurang dingin padahal 1 bln yg lalu sudah pernah diisi freon dan kata tukang AC gak ada masalah. Kemaren diisi lagi freonnya dingin lagi tapi takut masalah itu berulang lagi. Pdhl klo merek lain isi freon bisa untuk tahunan dinginnya he3x. Ada yang bisa sharing?? Terima kasih
    Oleh agus suprianto
    Jawaban
    Coba cek kondisi accumulator dan orifice tubenya, mungkin mampet. Fyi. AC Blazer memang tidak bisa sedingin kendaraan2x merek jepang.

    rear door
    Para pemakain blazer pernah nggak ngalamin pintu belakang mobil anda macet nggak bisa dibuka. Saya cuma mau berbagi tips dari pada kita ke bengkel buang-buang duit mending di perbaiki sendiri. Sebab umum pintu belakang tidak bisa dibuka adalah masalah switch yang dipenuhi kerak. Caranya : 1. Siapkan obeng(-)dan (+), Kunci shock dan pas no 5 dan 10, kertas gosok, lalu Minuman softdrink berkarbonisasi yang dingin. 2. Bila pintu nggak pintu nggak bisa dibuka sama sekali jangan panik, anda cukup masuk ke bagasi belakang lewat pintu belakang.(jangan lewat pintu depan ntar ribet) 3. Setelah dibagasi rabah bagian pintu yang ada karpetnya menggunakan satu telunjuk jari saja. 4.arahkan tangan diposisi tengah atas. 5. setelah itu tekan bagian itu dan anda akan merasakan lobang yang kecil. 6.buka karpet ditempat lubang itu berada. 7. Ambil obeng (-) lalu masukkan dan geser (mengungkit) kearah kanan. 8. Nah pintu anda sudah pasti akan terbuka. 9. Buka panel pada pintu menggunakan obeng (+).pastikan anda membuka 3 baut pengikatnya. 10.Tarik panel pelan-pelan dengan pembagian gaya tarik anda yang merata agar panel tidak pecah. 11. Setelah terbuka Buka semua panel body dengan kunci shock 5 12. Lepaskan pengikat link yang menempel pada panel body 13. lepaskan semua soket kelistrikan, kecuali soket rear wiper dan selangnya) 14. Buka pengunci pintu anda yang macet dengan melepas pengunci-nya kearah kanan. 15. Setelah itu bongkar pengunci itu dengan mencukil sisi-sisi pinggirnya dan lalu ditarik (hati-hati gampang pecah) 16 setelah terbuka anda akan melihat bahwa jumper switch di dalamnya BERKERAK. 17 Ambil kertas gosok dan gosoklah dengan penuh perasaan. 18. Pasang dan rakit kembali bagian itu. 19. Pasang kan semua soket yang sudah anda lepas untuk pengetesan. 20. Masukkan kunci lalu TEKAN, PUTAR KE KIRI, PUTAR KE KENAN. 21. Bila ditekan selenoidnya bergerak berarti NORMAL, Bila diputar ke Kanan Doorlock anda terkunci berarti NORMAl, Bila di putar ke kiri doorlock Anda terkunci berarti Normal Dan terakhir bila kunci dicabut kunci akan terlepas berarti YA MEMANG BEGITU....He..he..he.. 22. Bila tidak normal ulangi seperti prosedur sebelumnya 23 Bila Normal Rakit kembali secara mundur seperti diatas. 24: Bila semuanya beres dan normal kembali. Ambil softdrink dingin yang anda persiapkan sebelum lalu minim pelan-pelan. ANDA PASTI HAUS. TRIMS SMOGA BERMANFAAT..(Sorry saya belum terdaftar jadi anggota...nggak apap2 ya...)
    Oleh budi
    Jawaban
    Terima kasih atas sharingnya..

    logo
    om saya mo nanya, untuk dapetin logo chevrolet yg di gril depan dimana ya?? soalnya logo opel yg di gril depan saya copot, tapi logo chevy nya ga ada... trus sama indikator hand brake sering kelap kelip, pdhl hand brake sudah di lepas... kenapa ya om..??? thx a lot ya om.... Oleh Dimas Bayu
    Jawaban Logo bisa didapat di Rensen Motor 021 727 96 235. Coba bersihkan soket EBCM [electronic brake controle module].


    suara gesekan pada putaran rendah
    Mohon bantuannya. Saya punya blazer montera. Pada putara rendah atau saat mobil berjalan lambat, terdengar dan terasa seperti ada gesekan sreg sreg sreg sreg. tapi saat lebih cepat suara tsb kurang terasa. suara muncul dari bagian bawah depan. Apakah itu karena kanvas rem yg telah aus ? mohon jawaban.
    Oleh descory
    Jawaban
    Coba cek lagi brake pad-nya atau kondisi bearing rodanya.

    Alternatif Opel Oil
    Thanks buat Mods yang rajin dan sabar menjawab pertanyaan. Masalah Opel Oil ATF + Lubrizol untuk transmisi, di mana bisa beli ya...saya scan through di toko-toko oli, Ace Hardware belum ketemu. Agennya siapa ya? Seandainya tidak ketemu Opel Oil apa ada alternatif oli lain yang spec-nya sama? Oh ya Lubrizol ini sudah inherent dalam olinya atau separate product? As always, thanks!!! Oleh wahyuhidayat
    Jawaban memang susah didapat di pasar bebas. Adanya cuman di bengkel2x resmi dan bengkel2x non resmi yang mengerjakan Blazer. Untuk padanannya gunakan oli ATF merek apa saja juga bisa. Tapi usahakan kilometer penggantiannya jangan terlalu lama. Misalnya tiap 60.000km.

    mesin berisik
    Salam kenal, saya pemilik Blazer LT tahun '97. Mobil saya setiap kali dihidupkan pada pagi hari mengeluarkan bunyi ketukan dari dalam mesin. Tapi setelah mesin mulai panas bunyi tersebut hilang/berkurang. Padahal tahun lalu mobil saya sudah turun mesin dan mengganti banyak bagian mesin seperti packing, ring piston, water pump, dll. Pertanyaan saya, berasal dari manakah bunyi tersebut? apakah mobil saya perlu turun mesin lagi? Apabila dibiarkan efek apa yang mungkin timbul kemudian? Terima kasih sebelumnya. Bravo BIC!
    Oleh hendro sulistiyo
    Jawaban
    Biasanya bunyi dari adjuster valve. Coba ganti oli dengan viskositas yang lebih kental, 20W-50 misalnya.



    Bantu pilih LT ato Mntr Boss,
    untuk pemakain harian 50km, 1/3nya macet(jalan pelan), tapi seneng dengan interior yg lux, dan budget 110jt, untuk beli New Blazie yg Brazilian, (1). Rekomendasinya LT ato Montera? (2). Dengan perawatan yg teratur sesuai buku pedoman, mana yg lebih ekonomis biaya operasional & maintenance? (3). Nilai jual kembali (kalo terpaksa) mana yg lebih bagus? Thanks b-4 Oleh Vendro
    Jawaban Untuk pertanyaan 1-2 saran saya gunakan yang tipe Montera. Untuk pertanyaan ke-3 sebaiknya pertimbangkan kembali mengambil merek Blazer, karena harga jualnya pasti jatuh.


    Bunyi dari alternator Setiap mesin di nyalakan pada posisi alternator selalu ada bunyi " tek tek " ,apakah ini normal dan kalau mau servis apakah harus ke bengkel resmi atau cukup ke bengkel perbaikan dinamo terima kasih masukannya boss Oleh Andik
    Jawaban Coba pastikan dulu sumber bunyinya, kalau memang dari alternator bisa dibawa ke tukang dinamo



  • READ MORE.......




  • fr.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


    Menggunakan Lampu Dim dan Klakson

    Sopan santun berlalu lintas di negeri kita memang sudah lama sekali kita lupakan. Maklum, untuk mendapatkan surat ijin mengemudi (SIM) di negeri ini, ukurannya memang bukan keterampilan membawa kendaraan bermotor. Asal punya KTP dan uang, dijamin bisa mendapatkan kartu yang jaman dulu sering disebut dengan rebues itu. Jangankan bagaimana cara berkendara yang benar, menggunakan lampu dim dan klakson saja banyak sekali pengemudi yang tak mengerti tata caranya. Tak percaya? Amati saja kebiasaan pengemudi di Jalan Tol Jagorawi atau Jalan Tol Jakarta Cikampek. Mungkin, seratus orang pengemudi yang ada, hanya ada tak lebih dari 5 orang yang sebenarnya pantas mendapatkan SIM.
    Menurut regulasi berlalu lintas di dunia internasional, yang juga terdapat dalam UU Nomor 14 tahun 1992 tentang lalu lintas berikut peraturan pemerintah yang menyertainya, klakson dan lampu dim itu hanya boleh digunakan ketika darurat saja. Mestinya, Anda harus segera mematikan lampu dim atau jarak jauh ketika Anda pada kesempatan pertama berpapasan dengan pengendara lain dari arah depan.
    Ketika pengemudi lain menggunakan lampu dim berkedip-kedim, itu artinya ia memberikan prioritas kepada Anda untuk bergerak lebih dahulu. Tetapi, tanda ini terkadang berlaku kebalikan di negeri kita. Ini yang salah kaprah.
    Ketika Anda mengikuti kendaraan lain di belakangnya, sebenarnya tidak diperbolehkan menyalakan lampu dim. Pasalnya, cara ini dapat menyilaukan kendaraan yang kita ikuti, dan tentu saja sangat membahayakan. Sebaliknya, bila kita tahu diikuti kendaran lain di belakang yang ingin mendahului, sementara jalur sebelah kiri memungkinkan untuk digunakan, sebaiknya kendaraan yang ingin mendahului itu segera diberi kesempatan untuk menyalip. Tetapi, kalau lalu lintas padat, pertahankan jalur yang Anda lalui Berpindah jalur, memang diperbolehkan, tetapi harus dilakukan setelah jalur benar-benar aman .
    Cuma persoalannya, cara berlalu lintas yang benar, memang sudah menjadi barang langka di negeri ini. Ketika seseorang ingin berkendaraan yang benar, e… malah dapat ejekan. Yang ugal-ugalan, malah mendapat sorakan. Tetapi, tak ada salahnya budaya sopan berlalu lintas itu mulai kita tumbuh kembangkan lagi. Ingat! Lebih baik sedikit lambat asal selamat.
    [cq]



  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


    duniaOTO.com

    Air coolant, Anti Karat, accumulator orifice tube, Speedometer Shock Assorber olie

    Air coolant cepat habis
    Blazer 2001, sejak tahun 2005 akhir. Mulai banyak yg rusak di bag.mesin, Sebagian besar sudah diganti,Skrg temperatur cepat panas, air coolantnya cepat sekali habis (jd hrs dikontrol terus), kira@ apa penyebabnya? apa accu kering cukup cocok? Tolong alamat bengkel yang berpengalaman sekali? mw gabung ke BIC donk!Thks pak! Oleh dave
    Jawaban
    Coba cek selang2x radiator dan radiatornya. Aki kering bisa juga digunakan, hanya saja harganya relatif lebih mahal dibanding aki basah.

    Anti Karat
    Selamat Pagi Pak Mekanik, saya mau tanya? berapakah umur anti karat Blazer yang secara elektronik itu waktu dirakit? & apabila ada masa waktunya, dimana (bengkel) bisa diberikan anti karat lagi? sayang kalo Blazer sampai karatan. Oleh Rinaldy
    Jawaban
    Sejauh ini belum ada yang melaporkan Blazer terjadi karat. Yang paling tua tahun 1995.

    dimana letaknya accumulator dan orifice tube
    Om Blazie, mau nanya nih... dimana letaknya accumulator dan orifice tube untuk ac blazer. Thanks sebelumnya.... Oleh yudie Banda Aceh
    Jawaban
    Tabung aluminium dekat evaporator, orifice di dalam saluran AC masuk ke evaporator. Tukang AC pasti tahu.

    bunyi gesekan di bawah
    Sore Pak, saya ingin menanyakan blazy montera saya kalau kec diatas 30 km/h ada bunyi besi bergesek dari bawah.kira-kira apa yang rusak ya? saya dulu pernah ganti besi panjang yang muter ke gardan blkg (propeler shaft kali ya namanya)setelah itu baru bunyinya muncul.apa cuma kurang grease yaa mohon opininya yaa trim's Oleh Fanny
    Jawaban
    Coba cek center bearing prop shaft. Atau kondisi brake pad roda depan.


    Harga Blazer LT 97
    Pak, berapa harga pasaran BlaZer LT th. 97 di Jakarta? Oleh Ricky Piscalo
    Jawaban
    50 - 60 jutaan.

    Ratio BBM
    Berapa perbandingan pemakaian BBM Blazer LT 2200 th 95 yg normalnya. Luar kota/ dalam kota? Oleh Ricky Piscalo
    Jawaban
    Luar kota 1:9 dalam kota 1:6.

    Speedometer & Shock Assorber
    Pak, Speedometer gak bisa terbaca. kira-apanya yang mesti dibetulin, kalo' harus mengganti spare partnya apakah harus 1 package dan estimasi harga berapa?. Shockbreaker yang bagus buat Si-Aswad (DOHC 96)bagusnya pakai merek apa dan berapa harganya?! yang murahan merek apa?! Terima kasih Oleh Si-Aswad
    Jawaban
    maksudnya speedometer tidak terbaca, apakah kurang terang jika malam hari? Coba bongkar panel instrumennya, bersihkan. Shock absorber paling bagus gunakan bilstein kisaran harga 2,5jutaan [1 set depan belakang] atau pro-comp 1,6 jutaan. Atau merek kayaba sekitar 1 jutaan.

    bocor di bagian bagasi
    bagasi blazer saya bocor pas ujan.saya cek scr kasat mata dan sentuhan2,karet2 masih dlm kondisi baik.apakah saya perlu ganti?atau bisa distel kyk pintu yg lain? terima kasih Oleh lebah
    Jawaban
    Coba di setel dudukan engselnya, mungkin ada yang geser.

    olie
    Terima kasih atas jawaban pertanyaan yang saya ajukan mas, tapi jng bosen ya,aku mau tanya lg nih ttng olie, kira2 kalo pake olie pertamina bisa ga utk olei mesin , gardan, perseneling?kl bisa,berapa type n ukurannya olie pertamina mas? Tnks mas... Oleh Tommy
    Jawaban
    Yang penting bukan mereknya. Perhatikan SAE-nya minimal SG, viskositas 15W-50 atau 20W-50 untuk mesin. Transmisi gunakan jenis ATF. Gardan viskositas 75W-90 atau 90.

    getar pada kaki
    blazer ikut gabung ya Boss. blazer LT saya udah diganti bannya, balancing & spooring juga tapi tetap bergetar seperti nglewatin polisi tidur di jalan tol (kejut) terutama terasa saat pedal gas dilepas. apanya ya? trims sebelumnya. Oleh ade
    Jawaban
    Bisa dipastikan getarnya di range kecepatan 40 - 60kpj? Kalau iya cek cross joint.



  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Mengusir Embun Kaca Selagi Hujan

    UNTUK mobil dengan pendingin ruangan (AC), embun yang sering kali mengganggu pandangan kaca bagian dalam memang gampang diusir.
    Tinggal operasikan saja sistem AC-nya, dan semua kabut pun bakal hilang seketika. Tetapi, ketika sistem AC itu tak bekerja normal, memang sedikit repot.
    Mengusap-usap kaca bagian dalam dengan lap kanebo basah, memang dapat membantu mengusir penghalang pandangan itu. Tetapi, cara ini juga agak repot juga.
    Tetapi, Anda tak perlu gusar dulu. Ternyata, sampo rambut dapat digunakan juga untuk menghardik embun penghalang pandangan ini.
    Caranya, oleskan sedikit sampo di bagian dalam kaca mobil Anda secara merata, tetapi tipis-tipis saja.
    Cara ini dijamin dapat membuat kaca depan mobil Anda jernih dan tak perlu dilap lagi berulang kali.
    Lantaran itu, tak ada salahnya bila Anda selalu menyiapkan sebotol kecil sampo di bagian dalam mobil ketika berkendara di musim hujan atau pergi ke luar kota.
    Lain lagi bila penghapus kaca depan ogah dioperasikan. Untuk urusan ini, Anda dapat memanfaatkan tembakau rokok kretek atau tembakau jenis lainnya.
    Caranya, oleskan tembakau ini di bagian luar kaca depan. Memang agak aneh, tetapi kemujarabannya telah teruji. Cobalah! [cq]




  • READ MORE.......




  • (fr.duniaOTO.com)


    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Bensin boros, temperatur mesin, Spidometer, niple kopling, power window, Versneleng Blazer

    Bensin boros &  temperatur mesin
    Saya mempunyai Blazer DOHC tahun 2002. Bila saya mengisi bensin Premium, pemakaian cukup boros yaitu 1l : 4.5 km (untuk jalanan macet merayap).
    Tenaga mesin sih enak tidak masalah. Kemudian mengenai temperatur mesin yang sering mencapai lebih dari 1/2.
    Bagaimana supaya bisa turun. Kemudian mohon petunjuk bengkel alternatif di wilayah seputar Jaksel (Lebak Bulus, Cipete  sekitarnya). Terima kasih
    Oleh Erwin Purba
    Jawaban
    bensinnya boros banget..!! Coba cek kondisi saringan udara. Untuk temperatur, bisa dipasang thermostat tambahan.

    Indicator Temp Macet
    Indicator temperatur di dashboard panel saya macet satu minggu ini (posisi tidak bergerak dari ujung paling kiri).
    Kejadiannya setelah ganti cover clutch. Belum sempet ke bengkel. Apa yang perlu dicek? Terima kasih.
    Oleh wahyu
    Jawaban
    kabel sensornya lepas. Posisinya di belakang silinder head.

    Spidometer & AC
    Om om semua... ada yg punya spidometer second ndak yah?
    terutama untuk bagian angka digitalnya?mohon infonay donk klo ada yg punya atau tempat beli secondnya...
    Trus AC saya knapa ya om, kmaren abis isi freon yg katanya freon abis,
    setelah di isi full ukuran kec fan di dashboard harus pake yg paling besar
    karena kalo pake yg paling rendah/kecil timbul batu2 es di (apa yah namanya yg tabung di kap mesin itu) kata tukang ac nya, so sekarang terkadang ukuran sudah paling besar tidak kluar anginnya juga kluar2 kecil bgt n bikin keringatan penumpangnya (ini kadang2 aja), kira2 apanya yah yg error di ac saya kok harus pake fan ukuran kec paling besar? apa yg harus saya cek? thks nanda - montera 00
    Oleh Nanda
    Jawaban
    Mohon bantuan rekan2x yang memiliki informasi dimaksud. Mengenai AC, gejala yang dimaksud adalah ngefrozz. Coba cek lagi kondisi accumulator/drier dan orificenya, mungkin mampet.

    Bunyi tikus
    Malem om... my lovely'99 black blazie mengeluarkan "bunyi tikus" (.....) arahnya kurang lebih dari bawah transmisi, kira2x bagian apa-nya ya ? bcoz mengganggu banget. Mohon bantuannya. Terima kasih.
    Oleh dealbow
    Jawaban
    Bunyi dari garpu kopling. Bisa dihilangkan dengan meng-grease rumah kopling. Ada nipel untuk memasukkan grease.


    niple kopling
    dimanakah letak rumah kopling & niple kopling untuk regreaze terima kasih
    Oleh iwan
    Jawaban
    di belakang mesin warna hitam sisi kiri. Ngliatnya dari kolong mobil.


    tentang blazer
    saya punya tertarik dgn blazer dan saya punya rencana untuk membeli,tetapi saya ingin menyanyakan beberapa hal 1. mengapa harga jual blazer cenderung menutun dari tahun ke tahun? 2. berapa rasio bbm mobil ini baik didalam maupun diluar kota, baik menggunakan ac maupun tidak? 3. apakah alat penghemat bbm yang selama ini dijual dipasaran benar2 efektif bila dipasan pada blazer? 4.yang harus diperhatikan secara teliti bila membeli blazer second? 5.perkiraan besar biaya perawatan? 6.saya akan memakai mobil tersebut kebanyakan didalam kota (solo) dan paling 1 bulan sekali keluar kota, mobil blazer jenis apa yang anda rekomendasikan? 7.maap bila pertanyaannya banyak banget, maklum saya tertarik sekali dengan blazer Oleh bayu
    Jawaban 1. Biasa lah.. merek non jepang, harga bekasnya pasti turun. 2. Dalam kota 1:6, luar kota 1:9. 3. Belum pernah ada yang mencoba. Pada prinsipnya alat dimaksud fungsinya memperbaiki kualitas bensin. 4. Test jalan saja, rasakan handling dan performanya. 5. Sekitar 300 ribuan untuk perawatan rutin 5000km. 6. Ambil yang tipe mesin SOHC saja. Pertimbangannya lebih mudah dirawat.

    power window
    Power window saya macet, tidak mau turun, setelah saya cek ternyata kata mekanik motor nya rusak. Memang setelah saya pegang, ternyata motor nya panas. Yang saya tanyakan 1. Apakah motor ( dinamo ) tersebut harus ganti atau bisa diservice. 2. Berapa harganya bila harus di ganti. 3. Berapa harga compresor AC, karena saya ditawarkan compresor AC seharga Rp 750 ribu ( mueah enggak ) Terima kasih atas perhatiannya. Oleh geong
    Jawaban 1. Bisa diperbaiki motornya koq. 2. Kalau ganti baru 700ribuan. Karena berikut mekanis gearnya. 3. Wah murah banget tuh..



    Suara kresek di Versneleng
    Mas Blazer, saya belum lama pakai blazer DOHC 02. Mobil kondisinya prima, cuma agak penasaran sebab kalau dilakukan penarikan tuas versneleng dari posisi gigi 1 ke 2 atau dari 2 ke 3, atau dari 3 ke 4 ...... pokoknya apabila tuas digeser maka akan terdengar suara KRESEK seperti gesekan kertas di bawah gagang versneleng. Mohon advice,kira2 itu bunyi apa ya dan apakah dapat dihilangkan ? Salam Oleh H ILYAS Jawaban Coba cek kondisi bushing tongkat transmisi, ada kemungkinan sudah aus.

    Spec Opel Blazer
    Saya kesulitan mencari spec (yang paling diperlukan Dimensi WxHxL) berhubung ada rencana mau beli blazer 97 dan kebetulan garasi di rumah mepet mepetan... (nggak luas). kalau boleh di reply (cc) juga ke email saya. (akauts@gmail.com) Thanks Oleh ari
    Jawaban Panjang sekitar 5 meter, lebar 2 meter, tinggi 1,7 meter.

    BBM
    Yth.DR.Blazer,BBm blz 98 saya 1:5 buoros tenan,faktor apa saja yg menyebabkannya,apa ac,dan blower radiator yg on saat start,paadahal tdk ada kebocoran, mohon advisnya matur nuwun. Oleh KUSDIYANTO
    Jawaban Yang dimaksud blower hidup dua2xnya? Kalo iya, coba standarkan dulu. Yang lain, coba cek kondisi filter udara. Hal lain lagi, coba cek nilai tekanan di pressure regulator, ukur dengan pressure meter. Jika menunjuk lebih dari 2,5 BAR saat idle, ganti komponen pressure regulator




  • READ MORE.......



  • fr.www.bic.or.id



    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Merawat peredam kejut

    Salah satu kenyamanan berkendara terletak pada shockbreaker kendaraan atau peredam kejut. Sebenarnya, peredam kejut memiliki andil besar dalam menentukan keselamatan jiwa dan kenyamanan. Namun, bagian ini biasanya jarang sekali mendapatkan perhatian.

    Kondisi jalanan yang kasar atau rusak, serta berkelok-kelok, dapat diatasi dengan peredam kejut yang baik. Dari namanya, peredam kejut memang berfungsi untuk mengurangi getaran akibat pergerakan ban dalam kondisi jalanan tertentu, dan dipengaruhi pula oleh beban kendaraan. Selain sebagai peredam getaran, peredam kejut juga menjadi komponen yang paling vital dalam menjaga kestabilan kendaraan, terutama dalam gerakan manuver.

    Untuk menjaga kualitas peredam kejut ini sebenarnya cukup sederhana. Kuncinya ada pada perlakuan yang tepat, halus, dan pengecekan secara rutin.

    Efektivitas peredam kejut merupakan hal penting dalam keselamatan berkendara. Seperti dijelaskan bahwa peredam kejut sangat erat kaitannya dengan keselamatan dan keamanan berkendara. Roda yang baru tanpa ditunjang peredam kejut yang baik, justru bisa jadi bumerang. Peredam kejut yang efektif dapat memberikan keamanan lebih dengan membantu mobil saat pengereman mendadak. Efektivitas peredam kejut ini hanya bisa dijaga dengan perawatan.

    Berdasarkan prinsip operasionalnya, peredam kejut terbagi atas dua kategori, yaitu jenis yang menggunakan oli dan gas. Untuk jenis pertama, karakteristik damping diatur oleh katup-katup pada batang piston. Untuk jenis kedua, karakteristik damping ditentukan oleh katup piston dan tekanan balik gas nitrogen.

    "Merawat peredam kejut adalah wajib agar komponen ini tetap bekerja maksimal," kata Business Development ZF Trading Asia Pacifik Pte Ltd (produsen Sachs), Cakra Wiyata, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Dikatakannya, peredam kejut seperti Sachs dapat memberikan jarak pengereman empat meter lebih pendek dibandingkan dengan peredam kejut yang lainnya. Hal itu dilihat pada saat pengereman mendadak pada kecepatan 100 km/jam.

    Untuk merawat peredam kejut, lanjut Cakra, pada dasarnya tidaklah sulit. Semuanya bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. "Seperti halnya mengganti oli, pengecakan peredam kejut juga bisa dilakukan berkala, yaitu setiap 20 ribu km atau 1 tahun. Ini ditujukan agar kondisi peredam kejut selalu terkontrol."

    Kondisi peredam kejut sangat erat kaitannya dengan perilaku pengemudi kendaraan. Kerusakan sering terjadi bila jarang dirawat pada bagian ini. "Biasanya, kerusakan peredam kejut selalu terjadi karena perilaku kasar dari pemakai dan tidak pernah dibersihkanm," jelas pemilik bengkel Alfa Omega, Stefanus Endang.

    Dalam merawat peredam kejut, baik jenis oli maupun gas, hampir serupa tindakannya. Langkah terpenting adalah menghindari penggunaan pengencang baut yang menggunakan listrik. Bentuk alat pengencang bautnya seperti pistol. Hal ini disebabkan, alat itu akan merusak ulir batang piston.

    Langkah yang tepat dalam mengencangkan baut adalah dengan menggunakan kunci pas yang dapat disetel torsi maksimum kekencangannya. Kunci pas biasa juga dapat digunakan, asal jangan terlalu keras. "Jadi, di sini harus pakai feeling ujar Stefanus."

    Masih soal mengencangkan baut, diusahakan jangan dilakukan di saat mobil masih dalam posisi didongkrak. Jadi, kendaraan tersebut harus diturunkan dulu dari dongkraknya, lalu didorong maju mundur sekitar satu meter, baru kemudian dikencangkan.

    Ia juga menerangkan bahwa pada saat pemasangan atau melepaskan komponen peredam kejut, jangan menjepit batang piston menggunakan alat tang. Penggunaan alat ini dapat menyebabkan baret pada batang piston. Cara ini, katanya, akan merusak seal piston pada saat bekerja.

    Pada peredam kejut, merupakan bagian yang aktif bergerak. Makanya, pada bagian ini kerap terjadi penumpukan residu oli atau kotoran pada pistonnya. Karena itulah, perhatikan kebersihan batang piston. Kotoran pada batang piston ini akan mengakibatkan baret. Bila baretnya parah, maka katup-katup piston bisa rusak dan seal dapat bocor di saat bekerja.

    Beberapa tindakan perawatan tadi juga bisa disertai dengan pemeriksaan kerusakan yang terjadi pada peredam kejut kendaraan. Hal yang perlu diperhatikan adalah kebocoran seal pada peredam kejut. Bila terjadi kebocoran, jelas harus ada bagian yang diganti, terutama sealnya. Kalau tidak, oli yang ada pada peredam kejut yang berfungsi sebagai pelumas piston di bagian dalam akan semakin berkurang.

    Bila kondisi ini dibiarkan, oli akan habis sewaktu-waktu. Peredam kejut itupun bisa tak berfungsi atau terjadi kemacetan. Inilah yang berbahaya bila terjadi di perjalanan. Kecelakaan akibat kendaraan tak stabil karena peredam kejut macet menjadi salah satu contohnya. Ini sangat berisiko terhadap keselamatan pengemudi dan penumpangnya.

    Karena itu, peredam kejut jangan dipandang remeh. Pemeriksaan kondisi peredam kejut sebelum perjalanan jauh menjadi tindakan penting. Di samping memeriksa bagian ini, perlu pula memeriksa kondisi ban. Tekanan udara pada ban perlu diperhatikan. Permukaan serta kembangan pada ban juga tak luput dari pemeriksaan tersebut.

    [wed]





  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    jenis-jenis oli, Blazer Sport, BBM Blazer, suara mesin, gigi mundur sulit, Spidometer & AC

    suara mesin
    terima kasih atas responce yang cukup cepat, btw response valve adanya di sebelah mana ya? dan gimana cara ngeceknya, kalau diganti berapa kisaran harganya Oleh iwan
    Jawaban
    Adjuster valve ada di bagian atas silinder head. Paling tidak harus turun separuh. Tahap awal coba ganti oli yang viskositasnya lebih kental. 20W-50 misalnya.

    Blazer Sport
    hi Blazie.. sy pakai pakai opel blazer sport 2003 dg mesin DOHC, sy ada sedikit pertanyaan; 1) apa beda blazer sport baik eksterior/interior at. performa dibandingkan LT, montera atau lainnya.. 2)Bila AC nyala, apakah kedua fan ikut bekerja dan bila mati sampai temperatur berapa nyala, dan apa efeknya bila sering pada temperatur tinggi mulai bekerja.. 3) Jarum temp biasanya selalu 75°C (hidup AC), sekarang lebih hingga 85°C, apa ada kesalahan pada fan.. Thanks a lot. Oleh Noer
    Jawaban
    1. Perbedaan interior hanya di kualitas cover panel pilar. Performa tidak ada beda dengan LT, karena mesinnya sama. 2. Seharusnya saat AC nyala, fan hanya satu yang bekerja [sisi kiri kita menghadap mesin]. Yang satunya bekerja saat suhu 103 drjt. 3. Jika ada peningkatan suhu dari biasanya, coba amati ada kebocoran air atau fan tidak bekerja smepurna [muternya lebih pelan] atau memang suhu sekitar sedang panas.

    BBM Blazer
    butuh info donk, saya tertarik dgn opel bazer, saya ingin tau irit ga nya, fix nya 1: brapa yah? trus kok harga type montero lebih murah knapa? thx Oleh dody
    Jawaban
    Rata2x sekitar 1:6 - 1:8. Yang montera tipe mesinnya SOHC.

    suara mesin
    kalau turun mesin 1/2 dn ganti adjuster valve kira2 memerlukan biaya berapa ya? Oleh suara mesin
    Jawaban
    Adjuster valve gak perlu ganti, cukup dibersihkan. Ongkosnya kisaran 2 jutaan berikut part paking2x.

    malam,
    saya ada rencana beli blazer. tapi saya sangat awam sgl sesuatu ttg mobil ini. blazer yg bermesin SOHC type brp aja? tahun?? trus apakah mesin SOHC lebih irit BBM drpd yg DOHC? thanks. Oleh pauline
    Jawaban
    Yang mesin SOHC lebih efisien. Tahunnya mulai 1999 - 2004 air radiator Di forum konsultasi ini, Om Blazie bilang boleh menggunakan air murni saja sebagai pendingin radiator, padahal di buku "PEDOMAN UNTUK PEMILIK" Blazer LT 2000, halaman 4-9 disebutkan "Hanya menambahkan air biasa ke dalam sistem pendingin mesin anda dapat berbahaya, ...., Mesin dapat terbakar". Kesimpulannya, sangat dianjurkan menggunakan campuran 50:50 antara air bersih biasa dengan bahan pendingin khusus. Gimana nih Om, saya jadi bingung dan ragu-ragu. Mohon advis nya ya. Terimakasih Oleh yufi Jawaban Yang saya bicarakan kenyataan di lapangan pak... Masalahnya coolant yang beredar kualitasnya tidak ada yang bagus. Karena coolant yang bagus harganya seharusnya di kisaran 200 ribuan per liter.


    Spidometer & AC
    Om om semua... ada yg punya spidometer second ndak yah? terutama untuk bagian angka digitalnya?mohon infonay donk klo ada yg punya atau tempat beli secondnya... Trus AC saya knapa ya om, kmaren abis isi freon yg katanya freon abis, setelah di isi full ukuran kec fan di dashboard harus pake yg paling besar karena kalo pake yg paling rendah/kecil timbul batu2 es di (apa yah namanya yg tabung di kap mesin itu) kata tukang ac nya, so sekarang terkadang ukuran sudah paling besar tidak kluar anginnya juga kluar2 kecil bgt n bikin keringatan penumpangnya (ini kadang2 aja), kira2 apanya yah yg error di ac saya kok harus pake fan ukuran kec paling besar? apa yg harus saya cek? thks nanda - montera 00
    Oleh Nanda
    Jawaban
    Mohon bantuan rekan2x yang memiliki informasi dimaksud. Mengenai AC, gejala yang dimaksud adalah ngefrozz. Coba cek lagi kondisi accumulator/drier dan orificenya, mungkin mampet.

    Perawatan AC
    Butuh Infonya nich, untuk perawatan ac blazer apa yang perlu diperhatikan, Thanks Oleh Dedi
    Jawaban
    Biasanya periksa kondisi accumulator atau drier dan orifice atau expansi valve.


    jenis-jenis oli
    pak mohon info nya tentang jenis2 oli yang cocok (mobilnya Blazer LT 2000) yaitu untuk mesin, transmisi, gearbox, minyak rem, wiper fluid, radiator coolant (walaupun om menyarankan pake air biasa), power steering. Sekalian info lama pemakaiannya (maksud nya diganti setiap berapa km sekali. Makasih ya pak Oleh yufi
    Jawaban
    Oli mesin gunakan SAE minimal SG viskositas 15W-50 atau 20W-50. Oli transmisi ATF. Minyak rem minimal DOT 3, power steering minimal dexron IId. Coolant cukup pakai air murni atau suling.

    radiator
    Om blazie, radiator saya sering bocor padahal baru diservice tiga hari langsung bocor ditempat lain, apakah perlu diganti radiator??? karena kalau habis bocornya udah pindah-pindah.Thanks Oleh bonnie
    Jawaban
    Coba lakukan penambalan lagi, tapi jangan lupa sekalian dikuras radiatornya. Bukan sekedar membuang air radiator, tapi di-flush. Juga periksa bagian lain saluran pendingin, mungkin ada yang mampet sehingga ada kenaikan tekanan.

    gigi mundur sulit
    saya sering membaca di forum konsultasi ini perihal sulitnya memasukkan gigi mundur. Saya mau sharing aja pengetahuan saya (sebenarnya malu juga karena saya baru memiliki LT-2000 sekitar 2 bulan ini). Kalo kita mau mundur, tekan kopling sekitar 5 detik baru lah kita pindahkan tongkat persneling ke gigi mundur. Kalo terlalu cepat maka sering berbunyi "kreek". Gitu aja Om Blazzie
    Oleh yufi
    Jawaban
    Tips lain [tanpa harus nunggu 5 detik], masukkan ke gigi 5 sebelum dulu masuk ke gigi mundur.




  • READ MORE.......



  • fr.www.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


    Mesin tidak kuat di starter

    Ada satu masalah yang kerap dialami pengendara. Yaitu: mesin tidak kuat di-starter. Waktu kunci kontak di posisi `START`, mesin tidak mau berputar. Hanya terdengar bunyi `tek... tek`. Alhasil, mobil pun tidak bisa jalan.

    Berdasarkan data Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld, problem ini memang paling sering muncul. `Rata-rata, setiap bulan, 30 persen dari seribu unit lebih yang ditangani ERA adalah masalah ini,` kata Suwarno, staf Technical and Training Development ERA AstraWorld.

    Mesin yang tidak kuat starter bisa terjadi karena baterai atau aki tidak menyimpan setrum atau arus listrik. Mengapa tidak ada setrum? Biasanya, penyebab utama setrum kosong adalah kekurangan air aki. Maksudnya, jumlah atau kuantitas air aki tidak sesuai dengan yang seharusnya: tidak diantara garis low level dan upper level yang biasa tertera pada kotak aki.

    Mestinya kuantitas air aki dikontrol. Bila berada di bawah low level segera tambahkan. Karena, air aki berfungsi untuk membantu mendinginkan sel-sel aki. Tugas itulah yang membuat air aki berkurang (menguap saat menyerap panas).

    Nah, bila air aki berkurang dan tidak segera ditambah, akan membuat sel-sel di dalam aki melengkung --harusnya sel-sel ini sejajar dan tegak lurus. Lengkungan sel-sel ini bisa membuat plat positif dan negatif bersentuhan, yang akhirnya membuat konsleting. Konsleting itulah yang membuat aki tidak mampu menyimpan setrum.

    Sisi lain yang perlu diperiksa adalah terminal-terminal pada aki. Cek apakah terjadi korosi atau tidak. Lihat juga kabel-kabel positif dan negatif. Mungkin kendor atau longgar. Korosi dan kabel yang kendor membuat daya hantar arus listrik lemah. Sehingga, arus yang mengalir ke motor starter kecil dan tidak cukup kuat untuk memutar mesin.

    Apabila setelah air aki diisi kembali, korosi dibersihkan serta kabel dikencangkan namun tetap tidak mau di-starter, coba lakukan `baterai jumper`, atau `dipancing`. Caranya dengan menghubungkan aki mobil yang tidak kuat starter dengan aki mobil lain. Tentunya, kapasitas aki kedua mobil itu harus sesuai. Mungkin ini agak sulit untuk dilakukan karena selain butuh mobil lain, juga perlu kabel jumper.

    Khusus untuk mobil dengan persneling (transmisi) manual ada alternatif lain. Anda bisa memicu putaran mesin dengan mendorong kendaraan. Coba putar kunci kontak pada posisi `ON`. Masukkan gigi dua, lalu injak pedal kopling, kemudian doronglah mobil. Setelah mobil mencapai kecepatan putaran ban yang cukup, lepaslah pedal kopling. Mestinya, begitu pedal dilepas, mesin langsung hidup. Ini pun mungkin agak sulit karena butuh bantuan orang lain.

    Bila langkah-langkah di atas sudah dilakukan namun masalah tetap tidak teratasi, Anda tidak perlu khawatir. `Hubungi saja ERA AstraWorld. Service Agent kami akan segera menuju tempat Anda mengalami kesulitan,` kata Suwarno.

    Untuk mencegah mesin tidak kuat starter, menurut Suwarno, lakukanlah perawatan rutin terhadap aki kendaraan Anda. Seperti sudah diuraikan di atas, ada beberapa hal yang perlu dilakukan:

    Periksa air aki secara periodik.

    Periksa terminal-terminal aki.

    Periksa kabel-kabel aki.


  • READ MORE.......



  • (astraworld)




    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Rangkuman seputar mesin berisik, suara gesekan, rear door, ganti velg, ac kurang dingin

    mesin berisik
    Salam kenal, saya pemilik Blazer LT tahun '97. Mobil saya setiap kali dihidupkan pada pagi hari mengeluarkan bunyi ketukan dari dalam mesin. Tapi setelah mesin mulai panas bunyi tersebut hilang/berkurang. Padahal tahun lalu mobil saya sudah turun mesin dan mengganti banyak bagian mesin seperti packing, ring piston, water pump, dll. Pertanyaan saya, berasal dari manakah bunyi tersebut? apakah mobil saya perlu turun mesin lagi? Apabila dibiarkan efek apa yang mungkin timbul kemudian? Terima kasih sebelumnya. Bravo BIC! Oleh hendro sulistiyo
    Jawaban Biasanya bunyi dari adjuster valve. Coba ganti oli dengan viskositas yang lebih kental, 20W-50 misalnya.

    suara gesekan pada putaran rendah
    Mohon bantuannya. Saya punya blazer montera. Pada putara rendah atau saat mobil berjalan lambat, terdengar dan terasa seperti ada gesekan sreg sreg sreg sreg. tapi saat lebih cepat suara tsb kurang terasa. suara muncul dari bagian bawah depan. Apakah itu karena kanvas rem yg telah aus ? mohon jawaban. Oleh descory
    Jawaban Coba cek lagi brake pad-nya atau kondisi bearing rodanya.


    rear door
    Para pemakain blazer pernah nggak ngalamin pintu belakang mobil anda macet nggak bisa dibuka.
    Saya cuma mau berbagi tips dari pada kita ke bengkel buang-buang duit mending di perbaiki sendiri. Sebab umum pintu belakang tidak bisa dibuka adalah masalah switch yang dipenuhi kerak. Caranya : 1. Siapkan obeng(-)dan (+), Kunci shock dan pas no 5 dan 10, kertas gosok, lalu Minuman softdrink berkarbonisasi yang dingin. 2. Bila pintu nggak pintu nggak bisa dibuka sama sekali jangan panik, anda cukup masuk ke bagasi belakang lewat pintu belakang.(jangan lewat pintu depan ntar ribet) 3. Setelah dibagasi rabah bagian pintu yang ada karpetnya menggunakan satu telunjuk jari saja. 4.arahkan tangan diposisi tengah atas. 5. setelah itu tekan bagian itu dan anda akan merasakan lobang yang kecil. 6.buka karpet ditempat lubang itu berada. 7. Ambil obeng (-) lalu masukkan dan geser (mengungkit) kearah kanan. 8. Nah pintu anda sudah pasti akan terbuka. 9. Buka panel pada pintu menggunakan obeng (+).pastikan anda membuka 3 baut pengikatnya. 10.Tarik panel pelan-pelan dengan pembagian gaya tarik anda yang merata agar panel tidak pecah. 11. Setelah terbuka Buka semua panel body dengan kunci shock 5 12. Lepaskan pengikat link yang menempel pada panel body 13. lepaskan semua soket kelistrikan, kecuali soket rear wiper dan selangnya) 14. Buka pengunci pintu anda yang macet dengan melepas pengunci-nya kearah kanan. 15. Setelah itu bongkar pengunci itu dengan mencukil sisi-sisi pinggirnya dan lalu ditarik (hati-hati gampang pecah) 16 setelah terbuka anda akan melihat bahwa jumper switch di dalamnya BERKERAK. 17 Ambil kertas gosok dan gosoklah dengan penuh perasaan. 18. Pasang dan rakit kembali bagian itu. 19. Pasang kan semua soket yang sudah anda lepas untuk pengetesan. 20. Masukkan kunci lalu TEKAN, PUTAR KE KIRI, PUTAR KE KENAN. 21. Bila ditekan selenoidnya bergerak berarti NORMAL, Bila diputar ke Kanan Doorlock anda terkunci berarti NORMAl, Bila di putar ke kiri doorlock Anda terkunci berarti Normal Dan terakhir bila kunci dicabut kunci akan terlepas berarti YA MEMANG BEGITU....He..he..he.. 22. Bila tidak normal ulangi seperti prosedur sebelumnya 23 Bila Normal Rakit kembali secara mundur seperti diatas. 24: Bila semuanya beres dan normal kembali. Ambil softdrink dingin yang anda persiapkan sebelum lalu minim pelan-pelan. ANDA PASTI HAUS. TRIMS SMOGA BERMANFAAT..(Sorry saya belum terdaftar jadi anggota...nggak apap2 ya...)

    ganti velg
    Saya baru beli opel blazer LT 97, saya mau ganti Velg yang lebih besar agar kelihatan lebih keren. Yang saya tanyakan 1. Ukuran berapa Velg yang pas. 2. ukuran berapa bannya. 3. Apakah berpengaruh dengan kenyamanan berkendaraan. Thangs Oleh geong
    Jawaban 1. Pelek ukuran berapa saja pasti pas, asal lubang 6. 2. Ukuran ban mengikuti lebar dan ring pelek, konsultasikan dengan toko ban dimaksud. 3. Kenyamanan, pasti berpengaruh, tinggal ukuran berapa yang diharapkan. Kenyamanan dimaksud bisa jadi makin enak bahkan makin memburuk.


    ac kurang dingin
    blazer saya th 97, untuk ac nya kalau baru jalan kira2 10 menit pertama dingin.untuk seterusnya sudah tdk dingin bahkan semburan anginnyapun menjadi kecil, please dong sarannya and kalo di benerin dimana dan kira2 berapa ongkosnya ya. thx bangeeeeet. Oleh fahlepi2012
    Jawaban Coba di vacum ulang dan ganti orificenya, jika perlu accumulatornya juga diganti. Ongkosnya kisaran 600ribuan berikut part





  • READ MORE.......






  • fr.www.bic.or.id






    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    MOBIL HIBRIDA : Menangkap Energi Sisa

    Mobil hibrida telah memberikan jawaban pasti untuk meselaraskan antara kebutuhan trasportasi dengan lingkungan hidup. Selain hemat, juga sangat bersahabat.

    Hibrida bukan monopoli istilah di sektor pertanian. Fakta itu dapat Anda temukan pada Gaikindo Auto expo ke 10 yang digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center, 6-12 September lalu. Pada pameran mobil kali ini PT. Toyota Astra Motor, agen tunggal Toyota, mempertontonkan mobil hibrida, namanya Toyota Prius. Seperti halnya muasal kelapa atau jagung hibrida, pengembangan Prius juga berawal dari pemikiran untuk menghasilkan mobil dengan varitas pilihan. Utamanya bila ditilik dari sumber tenaga yang digunakan.

    Di bawah kap mesin mobil ini tersimpan dua pemasok tenaga: mesin bensin 1.500cc dan motor listrik. Ya lantaran itu Prius lantas disebut mobil hibrida. Mobil dengan dua sumber tenaga yang keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Mesin bensin memiliki kelebihan di faktor keluwesan penggunaannya, sedang motor listrik dibilang unggul lantaran tidak menghasilkan emisi gas buang. Kedua keunggulan itu lantas dikawin silangkan.

    Kini, beberapa pabrikan mobil tengah giat mengembangkan mobil semacam ini untuk menselaraskan antara kebutuhan sarana transpotasi umat manusia dengan alam sekitar. Caranya, dengan mengabungkan dua sistem pemasok tenaga untuk mendapatkan penghematan bahan bakar berlipat ganda dan emisi gas buang yang sangat bersih, tapi masih luwes dikendarai dimanapun.

    Salah satu pabrikan yang telah berhasil mewujudkan mobil impian masa depan itu adalah Toyota. Tiga tahun lalu, tepatnya Desember 1997, pabrik mobil nomor satu di negeri Sakura ini telah memulai memasarkan mobil bertenaga ganda itu ke pasar lokal. Hasilnya sungguh fantastik. Selain mampu menjawab tantangan kebersihan lingkungan yang dibakukan dalam J-ULEV (Japan Ultra Low Emission Vehicle), Prius juga telah mendapat pengakuan dunia sebagai produk yang akrab lingkungan.

    Menurut klaim Toyota, konsumsi bahan bakar Prius mencapai 29km/liter atau dua kali lebih efisien dibanding mobil konvensional. Sedang polusi gas buangnya dapat dibikin 90% lebih bersih dari regulasi yang diberlakukan di negeri Jepang. Lantas, apa rahasianya? Salah satunya dengan memasang mesin efisiensi tinggi. Sebagai pemasok tenaga pertama, Toyota mendaulat mesin twincam (DOHC: Double Overhead Camshaft) berkapasitas 1.500cc tipe 1NZ-FXE yang dilengkapi dengan teknologi VVT-i (Variable Valve Timing intelligent). Yakni, teknologi pengaturan waktu pembukaan dan penutupan katup masuk dan katup buang pada mesin itu untuk mengkopromuikan antara respon akselerasi, hemat bahan bakar, dan pengurangan emisi gas buang.

    Upaya lain yang dilakukan Toyota untuk menekan konsumsi bahan bakar Prius adalah mematikan mesin selagi mobil berhenti dan deselerasi. Saat berjalan pertama kali, Prius hanya mengandalkan sumber tenaga motor listrik yang mendapat catu daya dari bateri jenis nickel-metal hydride. Hal yang sama juga terjadi selagi mobil masih berjalan lambat hingga kecepatan sedang. Pada pengendaraan normal, mesin bensin segara mengambil alih. Kali ini mesin bensin itu akan memutar roda secara langsung melalui hubungan mekanis dan memutar generator untuk menghidupkan motor listrik. Ketika mobil butuh tenaga ekstra, misalnya untuk berakselerasi atau berjalan menanjak, baterai akan difungsikan untuk menambah tenaga. Sehingga, kinerja mobil ini menjadi sangat bagus lantaran digerakkan oleh dua sumber tenaga: ya mesin bensin, juga motor listrik.

    Yang menarik lagi ketika mobil ini diperlambat, misalnya direm, berjalan menurtuin, atau pedal gasnya dilepas. Pada keadaan ini sistem rem regeneratif akan menagkap energi dari roda yang menggelinding . Caranya, motor listrik akan berubah secara otomatis menjadi generator untuk mengkonversi energi kinetik menjadi aliran listrik yang bakal disimpan di dalam baterai. Untuk kondisi pengendaraan ini mesin bensin dan generator bakal dimatikan agar terjadi penghematan bahan bakar dan penurunan emisi secara signifikan. Untuk selanjtnya, ketika muatan energi listrik di dalam baterai mulai menurun, secara otomatis mesin beranjak hidup memutar generator untuk mensuplai arus listrik baterai.

    Lantas, apakah Prius telah layak disebut mobil hijau (baca: ramah lingkungan) yang sempurna? "Mungkin belum. Tapi setidaknya telah menjadi langkah besar yang layak ditindak lanjuti," sebut Akihiro Wada, wakil direktur eksekutif untuk pengembangan teknologi dan produksi Toyota Motor Corporation. Sejauh ini, lanjut Akihiro, Prius baru terbukti mampu menghemat konsumsi bahan bakar untuk pengendaraan dalam kota. Sedang pada pengendaraan luar kota, yang membutuhkan pasokan tenaga cukup, masih perlu pengembangan lebih lanjut. Meski begitu, Prius tergolong mobil masa depan yang telah layak diproduksi masal untuk bersaing dengan mobil konvensional. Pasalnya, kata Wada, modelnya menarik, hingga memiliki prospek yang bakal mendatangkan keuntungan.

    Terlepas dari aspek bisnis yang sedang diteropong TMC, yang pantas dicatat di dalam buku sejarah otomotif adalah kepeloporannya. Yang terpenting,diabad ini telah ada yang memulai untuk mengkreasi secara nyata mobil ramah lingkungan layak produksi. Hasilnya memang belum maksimal, tapi akan menjadi langkah awal yang sangat berarti. [cq]



  • READ MORE.......




  • fr duniaOTO.com


    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com



    Rangkuman seputar Pertanyaan mesin, timming belt, bunyi desing, AC Blazer

    suara mesin
    selamat sorre om, mau tanya nih suara mesin montera2000 ku kok kasar (seperti suara VW kodok) kenapa ya? kalau mesin dingin mesin tidak bisa langsam (ndut2an), harus di panasin dulu 15 menitan baru bisa jalan. dan bila sudah jalan juga terasa ndut2an (tidak parah) dan juga berat. mohon informasinya terima kasih
    Oleh iwan
    Jawaban
    Coba cek adjuster valvenya. Da kemungkinan sudah tidak bekerja sempurna saat mesin dingin.


    Timming Belt Apa benar timming belt tipe SOCH sampai 60 rb KM, waktu saya ke bengkel katanya sampai 35 rb KM, trus katanya untuk tipe SOCH jika sampai putus Timming Belt-nya (saat mobil jalan) ga bermasalah seperti tipe DOCH, Thanks Oleh Danie
    Jawaban Akronimnya kebalik pak, yang bener SOHC atau DOHC. Timing belt SOHC disarankan ganti tiap 60.000km, sedangkan DOHC tiap 30.000km. Kalaupun diganti 35.000 [SOHC] juga nggak pa pa, tapi menurut saya pemborosan. Memang betul, timing belt SOHC jika putus tidak mengganggu valve atau klep.


    BBM Yth.DR.Blazer,BBm blz 98 saya 1:5 buoros tenan,faktor apa saja yg menyebabkannya,apa ac,dan blower radiator yg on saat start,paadahal tdk ada kebocoran, mohon advisnya matur nuwun. Oleh KUSDIYANTO
    Jawaban Yang dimaksud blower hidup dua2xnya? Kalo iya, coba standarkan dulu. Yang lain, coba cek kondisi filter udara. Hal lain lagi, coba cek nilai tekanan di pressure regulator, ukur dengan pressure meter. Jika menunjuk lebih dari 2,5 BAR saat idle, ganti komponen pressure regulator.


    APa saja yang musti sangat-sangat diperhatikan untuk perawatan Belzer DOCH LT'97, Oleh Faried
    Jawaban Ikuti saja yang ada di buku petunjuk. Yang crutial, perhatikan engine mounting dan umur timing belt.


    Dear Sir, Blazer saya akhir2 ini aku amatin ada bunyi desing pelan dibagian kiri bawah body. Saya khawatir fuelpump-nya sudah mulai rewel. Sementara tidak ada keluhan apapun terhadap operasional mesin. Apakah memang benar bunyi itu pertanda fuel pump yang mulai aus? Langkah apa yang sebaiknya dilakukan? Kalau ganti fuel pump berapa kira2 biayanya. Terimakasih. JP Oleh JPrast
    Jawaban Coba atasi dengan kebiasaan mengisi bensin di atas setengah. Kadang2x bisa hilang.

    Bunyi dari alternator Setiap mesin di nyalakan pada posisi alternator selalu ada bunyi " tek tek " ,apakah ini normal dan kalau mau servis apakah harus ke bengkel resmi atau cukup ke bengkel perbaikan dinamo terima kasih masukannya boss Oleh Andik
    Jawaban Coba pastikan dulu sumber bunyinya, kalau memang dari alternator bisa dibawa ke tukang dinamo.

    Ingin irit bensin..? Saya sejak th 2004 telah pasang pengirit BBM namanya Ring O, eh ternyata sampai hari ini tidak masalah dan yang jelas sejak saya pasang ekselerasi enteng , emesi bersih dan bensin 1 : 9 pernah sampai 1:10 saat saya jajal Jalur Pantura Semarang - Jakarta. Temen 2 dulu tak percaya sekarang setelah bensin ngelonjak baru bingung...Cobain aja nggak mahal kok. Oleh Koesmen
    Jawaban Terima kasih atas sharingnya.


    KOMPRESOR AC PAK, KOMPRESOR AC SAYA KATANYA UDAH JEBOL, KALAU MAU GANTI SANDEN BISA TIDAK, DAN APAKAH PERLU PENGGANTIAN SPARE PARTS YANG LAIN, ATAU HANYA KOMPRESORNYA SAJA Oleh GEONG
    Jawaban Bisa diganti dengan merek Sanden. Tentunya ada beberapa komponen yang harus diganti, mis. puli kompresor, braket komp, pipa utama. Totalnya sekitar 3 jutaan.

    Alternatif Opel Oil Thanks buat Mods yang rajin dan sabar menjawab pertanyaan. Masalah Opel Oil ATF + Lubrizol untuk transmisi, di mana bisa beli ya...saya scan through di toko-toko oli, Ace Hardware belum ketemu. Agennya siapa ya? Seandainya tidak ketemu Opel Oil apa ada alternatif oli lain yang spec-nya sama? Oh ya Lubrizol ini sudah inherent dalam olinya atau separate product? As always, thanks!!! Oleh wahyuhidayat
    Jawaban memang susah didapat di pasar bebas. Adanya cuman di bengkel2x resmi dan bengkel2x non resmi yang mengerjakan Blazer. Untuk padanannya gunakan oli ATF merek apa saja juga bisa. Tapi usahakan kilometer penggantiannya jangan terlalu lama. Misalnya tiap 60.000km.


    mesin berisik Salam kenal, saya pemilik Blazer LT tahun '97. Mobil saya setiap kali dihidupkan pada pagi hari mengeluarkan bunyi ketukan dari dalam mesin. Tapi setelah mesin mulai panas bunyi tersebut hilang/berkurang. Padahal tahun lalu mobil saya sudah turun mesin dan mengganti banyak bagian mesin seperti packing, ring piston, water pump, dll. Pertanyaan saya, berasal dari manakah bunyi tersebut? apakah mobil saya perlu turun mesin lagi? Apabila dibiarkan efek apa yang mungkin timbul kemudian? Terima kasih sebelumnya. Bravo BIC! Oleh hendro sulistiyo
    Jawaban Biasanya bunyi dari adjuster valve. Coba ganti oli dengan viskositas yang lebih kental, 20W-50 misalnya.




  • READ MORE.......




  • fr.www.bic.or.id




    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Mengusir Embun Kaca Selagi Hujan

    UNTUK mobil dengan pendingin ruangan (AC), embun yang sering kali mengganggu pandangan kaca bagian dalam memang gampang diusir. Tinggal operasikan saja sistem AC-nya, dan semua kabut pun bakal hilang seketika. Tetapi, ketika sistem AC itu tak bekerja normal, memang sedikit repot. Mengusap-usap kaca bagian dalam dengan lap kanebo basah, memang dapat membantu mengusir penghalang pandangan itu. Tetapi, cara ini juga agak repot juga.

    Tetapi, Anda tak perlu gusar dulu. Ternyata, sampo rambut dapat digunakan juga untuk menghardik embun penghalang pandangan ini. Caranya, oleskan sedikit sampo di bagian dalam kaca mobil Anda secara merata, tetapi tipis-tipis saja. Cara ini dijamin dapat membuat kaca depan mobil Anda jernih dan tak perlu dilap lagi berulang kali. Lantaran itu, tak ada salahnya bila Anda selalu menyiapkan sebotol kecil sampo di bagain dalam mobil ketika berkendara di musim hujan atau pergi ke luar kota.

    Lain lagi bila penghapus kaca depan ogah dioperasikan. Untuk urusan ini, Anda dapat memanfaatkan tembakau rokok kretek atau tembakau jenis lainnya. Caranya, oleskan tembakau ini di bagian luar kaca depan. Memang agak aneh, tetapi kemujarabannya telah teruji. Cobalah! [cq]




  • READ MORE.......




  • ( duniaOTO.com)



    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    busi mobil

    Saat busi mobil kita mulai lemah, proses pengapian dalam mesin mobil akan menjadi ngadat dan jalannya mobil menjadi tersendat-sendat. Mobil yang memiliki busi yang telah tua dan lemah biasanya tak mudah distarter di pagi hari dan terasa tak bertenaga saat dikendarai. Konsumsi bahan bakarpun akan menjadi semakin tinggi jika kondisi busi sudah terlalu tua. Kebanyakan busi memerlukan penggantian tiap 15 ribu mil atau sekitar 24 ribu km.
    Namun biasanya pada mobil-mobil baru yang memiliki platina, busi hanya perlu diganti tiap 60 ribu mil atau sekitar 96 km. Jika Anda memiliki mobil lama , artikel ini akan memberikan masukan tentang bagaimana cara mengganti busi Anda dengan baik dan benar.
    Cara kerja busi adalah dua kabel yang letaknya sangat berdekatan, sehingga memungkinkan untuk memicu timbulnya percikan api. Distributor dari mesin mobil akan meneruskan aliran kelistrikan yang mengalir melalui casing keramik yang melapisi kawat dari busi dan meloncat ke kawat yang lain yang grounded, untuk memenuhi sirkuit dan kemudian menyalakan mesin.
    Saat busi sudah berkerak, aliran listrik tak akan berjalan sukses dan akan menyebabkan mobil kekurangan tenaga. Berkurangnya tenaga ini akan menimbulkan beberapa masalah dengan kendaraan anda, seperti kendaraan ngadat, jalannya tersendat-sendat, susah distarter dan konsumsi bahan bakar tak normal.
    Untuk mengganti busi yang lama, mesin kendaraan Anda harus didinginkan terlebih dahulu. Jika kendaraan Anda habis dipakai, tunggulah selama kurang lebih dua jam setelah perjalanan, untuk memastikannya benar-benar dingin. Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, lepaslah aki mobil Anda.
    Bersihkan bagian dari busi dengan menggunakan blower. Anda dapat menggunakan pompa ban atau kompresor udara untuk membersihkan setiap rongga untuk membersihkan kotoran, debu atau kerak. Membersihkan kerak dengan menggunakan hembusan udara sangatlah penting sehingga saat busi dicabut tak ada yang jatuh ke dalam silinder.
    Copotlah kawat busi dengan memutar tutup karetnya sambil menariknya. Jangan langsung menarik kabel busi, karena hal itu bisa merusaknya. Lepaslah busi dari socket-nya. Socket-socket busi memiliki lapisan karet yang akan mencegah kerusakan pada casing keramik. Lepaskan busi dari socket dengan memutarnya.
    Hati-hati, jangan menjatuhkan apapun ke atas silinder mesin, piston atau head.


    Kerusakan serius pada silinder atau head akan terjadi jika ada benda asing yang menempel padanya. Busi baru yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan Anda harus sudah tersedia. Saat memasang busi baru, Anda harus melumasi tiap busi sebagi langkah perawatan. Hal ini akan membantu untuk mempermudah penggantian busi selanjutnya.
    Diperlukan kemampuan untuk dapat membedakan tiap busi berdasarkan spesifikasi dari pabriknya. Anda dapat membeli busi yang sesuai dengan kendaraan Anda di toko yang menyediakan suku cadang asli kendaraan Anda. Pasanglah tiap busi di atas masing-masing silinder mesin Anda.
    Kencangkanlah busi-busi baru yang telah Anda pasang tersebut dengan menggunakan tangan Anda, setelah itu dengan menggunakan kunci busi yang seukuran dengan busi yang Anda pasang tersebut. Pasanglah masing-masing kabel busi diatas busi-busi tersebut. Dan selanjutnya jangan sampai lupa untuk menggantinya kembali setelah kendaraan Anda menempuh jarak yang telah diberikan di atas






    (bid/berbagai sumber)

     
     
     

    Total Tayangan Halaman