Jangan remehkan hujan yang mengguyur mobil anda

Hujan yang mengguyur jalanan akhir-akhir ini, bisa menimbulkan masalah pada kendaraan anda. Debu dan lumpur yang biasa menyertai siraman air hujan yang melekat pada kendaraan, akan menyerap uap air dengan cepat dan dapat merusak permukaan cat. Lama-lama cat akan luntur dan mudah terjadi retak-retak.



Antisipasi yang tepat, sering-sering bersihkan mobil anda di musim hujan. Karena kebersihan kendaraan penting untuk perawatan mencegah terjadinya kerusakan.


Bagian Luar Kendaraan

1. Jagalah permukaan badan kendaraan dalam keadaan kering dan tidak terlalu kotor.

2. Jika permukaan kendaraan dalam keadaan kering, bersihkan dengan lap kering yang bersih atau kemoceng.

3. Bila ada kotoran yang sulit dihilangkan, pergunakan lap basah yang bersih, jangan gunakan lap kering karena bisa menyebabkan goresan pada permukaan cat terutama jika mengelap dengan tekanan tangan yang kuat.



Bagian Bawah Kendaraan

1. Cucilah bagian bawah kendaraan, karena bagian ini lebih cepat kotor dan berlumpur karena dekat dari permukaan jalan sehingga bisa cepat rusak.

2. Bersihkan ban dengan sikat ijuk, bersihkan bagian yang bergemuk atau cepat kotor dengan air sabun, sedangkan garis-garis putih pada ban yang kotor dapat diputihkan dengan kertas ampelas.

3. Bersihkan bagian spakbor dan pegas dengan semprotan air, kalau perlu korek kotoran dengan sikat/batang kayu jika susah dibersihkan.

4. Periksa sistem suspensi, apakah tertutup lumpur atau tidak karena bagian ini tidak dapat dilihat dengan mudah.



Bagian Dalam Kendaraan

1. Jangan menyiram bagian dalam kendaraan dengan air karena bisa menyebabkan korosi pada lantai dan tidak bisa cepat kering.

2. Interior bagian dalam dapat dibersihkan dengan sapu yang lunak/kemoceng/alat penghisap debu.

3. Bersihkan kotoran yang tidak mudah hilang dengan lap basah yang bersih. Bersihkan karpet dengan air sabun di luar kendaraan, keringkan dan pasang kembali.

4. Air hujan yang masuk ke dalam kendaraan, keringkan dengan lap kering karena udara yang lembab bisa merusak interior. Buka seluruh kaca, jemur di bawah sinar matahari, angkat semua karpet, sampai air menguap sehingga bagian-bagian dalam kendaraan tidak cepat berkarat.

5. Usahakan agar tidak ada air yang tergenang pada bagian-bagian kendaraan, misal pada engsel, tempat kaca pintu.[erf/oto]

  • selengkapnya......

  • JASA DESAIN

    Anda memerlukan jasa desain AutoCAD, Solidworks, untuk pembuatan 3D Segala Produk, 2D Segala Produk, Redraw Drawing,

    atau anda membutuh jasa desain Illustrator maupun Photoshop untuk Design Artwork, Separasi film.

    Kita menawarkan dengan Harga mulai dari 50 ribu rupiah tergantung tingkat kesulitan dari gambar yang akan dibuat.

    Untuk keperluan apapun kami telah memiliki pengalaman dan kemampuan.

    Cukup SMS, Email atau BBM, desain yang anda butuhkan sudah sesuai keinginan anda.

    jangan lupa kunjungin blog kita, bagi anda yang ingin sekedar belajar gratis, dengan simple dan cepat.

    silahkan kunjungi :
    belajar autocad
    www.autocadline.blogspot.com
    belajar solidworks
    www.solidworksurface.blogspot.com
    belajar desain
    www.spotcolordesign.blogspot.com
    belajar illustrator
    www.illustratorgradient.blogspot.com
    belajar photoshop
    www.photoshoptonality.blogspot.com
    solidworks tutorial
    www.solidworkengineering.blogspot.com
    www.solidworkforever.blogspot.com
    www.solidworkmydesign.blogspot.com
    unigraphics tutorial
    www.unigraphicsmydesign.blogspot.com
    www.unigraphicsforever.blogspot.com
    www.unigraphicsengineering.blogspot.com
    autocad tutorial
    www.autocadforever.blogspot.com
    www.autocadengineering.blogspot.com
    illustrator tutorial
    www.illustratorforever.blogspot.com
    www.imeulia.blogspot.com
    www.imeulia1.blogspot.com


    Informasi Pengirim
    arsa.sign@gmail.com
    Nama : arusha
    Alamat : jakarta
    No. Telepon : 08-979198-363

    Gejala Kebocoran Arus Pada Aki


    Aki kendaraan akan kehabisan muatannya apabila terdapat kebocoran arus
    Aki kendaraan akan kehabisan muatannya apabila terdapat kebocoran arus. Hal itu bisa
    terjadi karena adanya korsleting atau karena sebab-sebab lain sehingga aki seolah-olah tidak
    dapat dimuati arus. Akibatnya mobil tidak dapat distarter atau lebih parah lagi mogok di
    perjalanan. Untuk mengetahui adanya kebocoran arus pada aki , bisa Anda ketahui dengan
    cara sbb :
    • Matikan semua tombol-tombol listrik yang ada di mobil ke posisi off demikian juga dengan kunci kontak penyalaan putarlah ke posisi off .
    • Bukalah terminal pada pol aki yang tersambung pada badan mesin. Kemudian sentuhkanlah terminal tersebut pada pol aki tersebut.
    • Amatilah apakah terlihat adanya loncatan-loncatan listrik pada bagian-bagian yang disentuhkan. Jika ya itu berarti menunjukkan terjadinya korsleting pada aki.
    • Segera bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki.


    selengkapnya......

    Perhatikan kebersihan dan kerapihan garasi Anda

    Mobil pribadi ibarat sahabat setia bagi pemiliknya. Sehingga tak jarang, banyak pemilik kendaraan pribadi yang memilih meluangkan waktu di garasi rumahnya untuk melakukan pekerjaan reparasi maupun service ringan bagi mobilnya tanpa harus pergi ke bengkel. Untuk itu kebersihan & kerapian garasi sebagai tempat kerja Anda juga perlu diperhatikan seperti berikut :
    1. Sebelum memulai pekerjaan persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang Anda butuhkan dengan rapi dan lengkap. Gunakan sarung tangan dan tatakan baju agar tidak kotor oleh tumpahan minyak / oli. Jika Anda bekerja di bawah
    kendaraan gunakan alas untuk badan.
    2. Tempatkan peralatan dan bagian-bagian yang akan dilepaskan pada tempat tersendiri sehingga tidak berceceran dan hilang saat Anda membutuhkannya. 
    3. Selama melakukan pekerjaan perhatikan selalu kebersihan , waspadai tumpahan cairan dan noda seperti :
    • Tetesan noda oli dan bahan bakar harus langsung dibersihkan dengan kain lap
    • Tetesan cairan rem dapat merusak lapisan cat mobil dan lantai untuk itu harus langsung dibilas dengan air.
    4. Apabila melakukan pekerjaan di dalam mobil perhatikan hal berikut :
    • Pasang lapisan pelindung pada kursi kendaraan agar tidak kotor.
    • Bila tangan Anda kotor, cucilah terlebih dahulu agar tidak mengotori bagian dalam mobil.
    • Bila pakaian Anda kotor, kenakan alas pada baju agar kotorannya tidak ikut menempel pada bagian dalam mobil.
    5. Setelah melakukan pekerjaan jangan lupa membersihkan bekas-bekas kotoran yang menempel pada bodi kendaraan dengan kain lap dan air sabun.
    Perhatikan bagian pada pegangan pintu, kemudi, tuas rem tangan, tangkai transmisi, dan bagian-bagian kendaraan lain yang terpegang oleh tangan Anda yang kotor. Jika perlu cuci ci saja kendaraan Anda secara keseluruhan.


  • selengkapnya.......



  • (bid/berbagai sumber)

    Tips Perawatan Mobil Sendiri

    Secara tidak langsung Anda akan menghemat biaya ke bengkel, tapi cermati kiatnya sebelum beraksi. Jika Anda mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai mesin mobil dan Anda hobby mengutak–atik mesin mobil maka tidak ada salahnya Anda melakukan perawatan dan perbaikan mobil Anda sendiri.
    Disamping menimbulkan kesenangan karena hobby, secara tidak langsung Anda akan menghemat biaya ke bengkel. Namun sebelumnya perhatikan tips berikut ini :
    • Belilah peralatan yang tepat dan sesuai dengan pekerjaan yang akan Anda lakukan.
    Jangan tergoda membeli seperangkat peralatan yang mahal, namun ternyata di kemudian hari peralatan itu justru malah tidak berguna.
    • Untuk membeli oderdil, belilah onderdil yang bermutu, tahan lama dan dapat diandalkan. Usahakan dapatkan potongan harga alias diskon. Jangan membeli onderdil yang murah namun tidak berkualitas. Anda hanya akan memperpendek umur kendaraan Anda.
    • Lakukan pekerjaan perawatan secara tuntas. Periksalah bagian-bagian yang berhubungan dalam satu kali sesi perawatan. Misalnya, memeriksa bagian kelistrikan, cek seluruh bagian yang  berhubungan dengan system kelistrikan seperti lampu, kabel,
    aki, alternator dll.
    • Lakukan pekerjaan perawatan mobil sebagai pekerjaan rutin yang menjadi suatu
    kebiasaan yang baik. Karena mobil yang terawat akan jarang mengalami kerusakan dan
    umur pakainya lebih panjang.



  • selengkapnya......


  • Hubungan Roda Gigi Persneling Terlepas

    Hati-hati bila hubungan roda gigi persneling terlepas
    Apabila hubungan roda gigi persneling terlepas maka berhati-hatilah dalam menjalankan kendaraan. Biasanya terlepasnya hubungan antara roda-roda gigi persneling sering terjadi pada waktu akselerasi, pengereman atau pedal gas dilepas dengan tiba-tiba. Apalagi getaran, goncangan dan kondisi jalan yang buruk dapat memperparah keadaan. Berikut ini adalah penyebab utama terlepasnya hubungan roda gigi persneling :
    • Keausan / kesalahan dalam penyetelan pada system pemindahan persneling.
    • Keausan / perubahan bentuk dari garpu pemindah roda gigi persneling.
    • Penguncian poros garpu pemindah persneling kurang sempurna.
    • Keausan pada gigi-gigi dari roda gigi persneling dan gerigi poros roda-roda gigi.
    • Terjadinya kerusakan pada bantalan-bantalan.
    Tindakan yang perlu Anda lakukan saat mengemudi adalah : peganglah tangkai persneling untuk mencegah terlepasnya hubungan roda gigi persneling dan persneling tidak pindah ke posisi netral. Untuk itu jangan tunda lagi untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel langganan.


  • selengkapnya.......



  • fr.www.oto.co.id


    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


    PETUNJUK MENGECAT MOBIL

    Beragam cara dapat ditempuh agar tampilan mobil anda tetap menarik. Salah satu caranya ialah ketika anda mengambil keputusan untuk mengecat ulang seluruh body mobil anda. Mengecat ulang ibarat memberi kehidupan baru bagi mobil anda sendiri. Belakangan di Indonesia banyak bermunculan bengkel-bengekel spesialis yang menawarkan paket face lift kelir baju luar mobil. Patut diingat sekarang mereka tidak lagi mematok harga untuk cat ulang body secara keseluruhan tapi harga per panel sesuai luas dan tingkat kesulitan bagian yang akan dicat ulang tersebut. Bagi anda yang awam, hanya ada 3 jenis cat yang biasa dipakai untuk repaint yaitu :
    1. Cat Stoving (kering dengan oven/bakar)
    2. Cat Urethane (kering dengan tambahan additive Hardener atau biasa disebut tiner)
    3. Cat Lacquer (cepat kering tapi mudah kusam)
    Dari ketiganya tentu saja jenis yang pertama (cat stoving) ialah yang paling bagus kualitasnya. Bagi anda yang tertarik, jenis cat ini biasa digunakan oleh bengkel yang mempunyai oven. Repaint total dengan cat ini dipastikan akan membuat body mobil anda lebih keras dan lebih tahan goresan. Konsekuensinya harga yang dipatokpun jadi lebih mahal. Untuk yang kedua ialah jenis cat Urathane. Ini adalah cat alternatif untuk repaint dengan biaya yang sedikit lebih murah dari pengecatan oven. Jenis cat ini bisa kering dalam waktu lumayan singkat kurang lebih 8 jam dengan tambahan additive Hardener (tiner). Perbedaannya yang paling mencolok dengan cat stoving ialah kekerasannya terhadap goresan. Jenis yang terakhir adalah cat Lacquer yang mungkin harus benar-benar anda hindari. Mengapa demikian...? karena walaupun murah, hasil pengecatan dengan jenis cat ini tidaklah seawet dua jenis cat diatas sehingga mudah kusam dan paling lama tahan 1 sampai 2 tahun saja. So...setelah tahu ketiga jenis cat yang ada, sekarang anda bisa langsung memutuskan sikap, jenis cat mana yang akan anda pilih untuk mobil anda. Jangan sampai nantinya anda menyesal karena merasa telah tertipu.
    Cara mengecat mobil / motor yang baik yaitu:
    1. Ampelas terlebih dahulu bagian yang akan dicat dengan ampelas(krtas gosok) ukuran 800 yang warerproof, kemudian dihaluskan dengan ampelas ukuran/no. 1000.
    2. Setelah permukaan telah digosok dengan ampelas cuci bagian yang akan dicat dengan air bersih, dikeringkan dengan kain, dan dipanaskan dibawah terik matahari sampai benar2 kering.
    3. Cat permukaan yang dikehendaki dengan Epoxy setlah kelar jemur bagian yang tercat tadi kemudian gosok lagi dengan ampelas dengan ampelas ukuran 1200, dan jangan sampai habis cukup sampai rata permukaannya.
    4. Setelah diampelas cuci bagian tersebut dengan air bersih dan jemur hingga kering dan dibersihkan dengan kain yang lembut seperti kain kaos.
    5. Kemudian masuk pada tahap pengecatan dengan menggunakan cat dasar yang diinginkan bisa putih atau abu2, saya biasa menggunakaan merk Avian atau steelgloss dan dicat ditempat yang terbuka agar terkena matahari langsung dan hindari media debu, setelah dicat jemur bagian tsb hingga benar2 kering, dan ampelas lagi untuk mendapatkan hasil yg maksimal, namun dgn ampelas no.>1200 dan perlu diingat proses pengampelasan cukup tipis2.
    6. Masuk dalam proses pewarnaan pilih warna sesuai yamg diinginkan dan campuran untuk cat lebih diencerkan biasa sy memakai ukuran 1liter cat banding 4liter Thiner Super A, dan dalam proses pengecatan cukup 1kali menarik spoit cat jangan diulang2 agar kelihatan rata.kemudian jemur hingga bener2 kering.
    7. Setelah kering barulah kita memasuki proses pernis agar hasil bgus pilih pernisnya dengan merk2 yang bagus seperti Avian S4000 Atau Blinken dan hasilnya kendaraan kita seperti dikasih minyak mengkilap walau tak dicuci.




  • selengkapnya.......




  • (bid/berbagai sumber)

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotivemachine.blogspot.com

    Masalah Mesin, IAC, pompa bensin, olie

    Masalah Mesin
    Om, Blazie saya taon 97 akhir. Akhir2 ini mesin sukar hidup. Mesti di starter 5 kali terkadang gak idup sama sekali. Kata orang bengkel sini gak ada apa2.Terkesan onderdil yang masih bagus malah diganti. tapi tetep aja sukar idup. Apa busi ya? Kalo bengkel di jakarta yang murah di mana ya om?
    Oleh Anita
    Jawaban
    Coba periksa lagi pompa bensinnya, biasanya sudah mulai lemah.

    IAC
    oom nyambung yang kemaren posisi IAC (idle air control) itu dimana?
    Oleh alex
    Jawaban
    nempel di body throtle. Body throtle adalah komponen yang mengatur udara masuk ke mesin. Mekanisnya ditarik oleh kabel gas.

    Baru beli Blazer ......
    Halo Om, sy baru beli Blazer DOHC LT 2002 (katanya special edition) harga 60 jt KM 20.000(murah sekali krn beli dr sepupu, mobilnya buagus banget). Pertanyaanya : 1) temperatur siang hari jarum menunjukan lebih dr 1/2 hampir 3/4 kalo malam 2/2 pd saat AC hidup. Apa ini normal ? 2) Selama ini si empunya lama pake oli BM1, oli laen yg mumer apa yah ? 3) Bgm tips perawatannya dan dimana bengkel terdekat (sy tinggal diseputaran pondok gede). 4) Jgn bosen jawab krn sy pasti akan banyak tanya2 lagi. Tengkyu, hatur nuhun .....
    Oleh Ayah Aga
    Jawaban
    1. Prinsipnya suhu kerja mesin di kisaran 80 - 103 drjt. 2. Coba gunakan shell helix kuning saja. 3. Ikuti saja yang ada di buku petunjuk. 4. Bengkel terdekat, coba kontak Nurtaqim 0816 189 9445.


    Lagi Confuse
    Akhir2 ini gw lg confuse punya nich. My black sexy opel blazer 2000 SOHC, saat AC aktif temperatur di bwh kisaran 100C dan saat AC non aktif suhu melebihi kisaran 100C. Kok aneh ya? Tanpa AC temperatur kok malah naik. Apakah normal? Kalau normal brarti lbh baik pakai AC agar temperatur rendah, bukan begitu? Kalau tidak normal, apa solusinya? tks
    Oleh Himawan Wibisono
    Jawaban
    Tidak ada yang aneh pak, karena fan untuk kondensasi sekaligus cooling radiator. Jadi kalau AC nggak dihidupkan tidak ada fan hidup.


    pompa bensin
    bos mau tanya, kalau harga pompa bensin kira-kira berapa? saya tanya di bengkel resmi sekitar 1,7jt. ada alternatif yang lebih murah tidak?
    Oleh iwan
    Jawaban
    Coba hubungi 021 781 5735. Mungkin bisa lebih murah.


    olie dan tenaga
    Saya baru beli blazer LT 97,yang saya tanyakan jenis,typedan ukuran oli apa yang bagus?kenapa blazer saya tarikannya kurang responsif dan bensinnya boros sekali?makasih ya. Oleh Tommy Jawaban Gunakan oli 15W-50 atau 20W-50 SAE minimal SG. Borosnya seberapa, kalau 1:6 - 1:7, normal.




  • READ MORE.......



  • fr.www.bic.or.id
    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotivemachine.blogspot.com

    Ada banyak hal yang perlu diwaspadai saat hujan turun saat Anda berkendara

    Ada banyak hal yang perlu diwaspadai saat hujan turun termasuk ketika Anda berkendara di jalan raya menyusuri genangan air di jalan. Berikut ini kami ingatkan Anda untuk selalu berhati-hati :
    1. Perhatikan saluran masuk udara pada mobil Anda jika Anda melewati jalan yang tergenang air. Jangan memaksakan diri untuk melewati genangan air yang tingginya melebihi ketinggian saluran masuk udara. Pada mobil sedan pada umumnya berada di balik lampu depan, sedangkan pada minibus letaknya di atas spatbor.
    2. Jika Anda terjebak banjir, dan genangan air masih di bawah lubang saluran udara dan system pengapian maka Anda tidak perlu mematikan mesin meski knalpot terendam. Tekanan gas buang akan memblokir air yang masuk ke knalpot. Jika mesin mati saluran buang malah tak punya tekanan sehingga air akan langsung menerobos masuk. Jalankan saja mobil secara perlahan di putaran tinggi pada posisi gigi transmisi terendah dengan stabil.
    3. Saat berkendara di jalanan yang basah, sebaiknya kurangi kecepatan. Jalanan yang basah ada kemungkinan akan terjadi Aquaplanning yaitu terbentuknya lapisan segitiga antara ban dan permukaan jalan. Hal ini akan membuat mobil kehilangan traksi dan kemampuan mengerem.
    4. Jika Anda berkendara saat hujan yang disertai petir yang menyambar-nyambar sebaiknya Anda matikan radio mobil. Beberapa komponen di dalam radio mobil sangat rentan terhadapa gangguan petir.
    5. Jika wiper macet atau air penghapus kaca habis padahal Anda tengah berada di tengah jalan saat hujan. Coba trik darurat. Carilah warung dan beli sabun colek. Oleskan sabun memanjang di pinggir kaca depan bagian atas. Zat kimia di dalam sabun akan membuat air hujan langsung tergelincir jatuh sehingga Anda terhindari dari kaca buram.
    6. Sehabis melewati banjir, penting untuk memeriksa rem mobil. Komponen rem yang terendam air bisa menimbulkan karat dan menyebabkan kerusakan.





  • READ MORE.......




  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Menghemat Biaya Operasi

    SUASANA krisis seperti sekarang ini, membuat banyak orang berpikir ulang bagaimana menghemat uang bila ingin membelanjakan sesuatu. Bagi pemilik mobil, hal yang membuat keheranan adalah tingginya kenaikan harga suku cadang mobil. Hingga kini, kenaikan harga suku cadang sudah mencapai 2,5 kali lipat dibanding harga sebelum krisis. Memperbaiki bagian mobil yang rusak di bengkel, kini perlu bertanya dulu. Bila tidak, jangan kaget kalau Anda akan dibuat terheran-heran dan yang celaka, tidak siap untuk membayarnya.Belakangan santer dinyatakan, minyak bumi akan naik. Dan bila BBM naik, maka biaya perjalanan pun ikut naik. Maka, amat bijaksana bila mulai saat ini memelihara mobil agar tidak mengeluarkan biaya lebih banyak lagi. Atau, bila mau memperbaiki dan perlu penggantian suku cadang, bisa mencari kemungkinan yang paling ekonomis.
    Beberapa hal berikut barangkali bisa membantu Anda menyikapi situasi yang sedang terjadi. Tentunya, amat bijaksana melakukan perawatan. Mempersiapkan mobil agar tidak boros bahan bakar, mencari suku cadang alternatif yang kualitasnya baik tetapi lebih murah dan sebagainya.
    Selain itu, hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah cara mengemudi. Lebih sabar dan berhati-hati, bisa mengurangi risiko yang tidak diinginkan. Bila terjadi kecelakaan atau menyenggol mobil lain, Anda pasti mengeluarkan biaya yang tidak kecil. Apalagi, kini biaya pengecatan amat mahal. Harga cat dulu Rp 25.000 per liter, kini bisa lebih dari
    Rp 250.000 per liter.
    Hemat bahan bakar
    Lazimnya pemilik mobil yang kurang memahami seluk-beluk kendaraannya, hanya bisa menyampaikan keluhan bahwa mobil boros, mesin kurang enak dan sebagainya. Ciri-ciri mesin kurang bertenaga, ngoyo, ngelithik, dan panas, biasanya dikaitkan dengan mesin yang kurang beres, tidak efisien, dan boros bahan bakar. Maka pemilik mobil umumnya disarankan untuk mengambil menu Tune Up mesin. Menu ini memang ampuh bagi mobil yang menggunakan karburator, namun tidak demikian bagi mobil yang sudah menggunakan EFI, MPI, dan sebagainya.
    Ternyata tune up pada mesin-mesin kuno seperti stel klep, stel platina, stel karburator sudah tidak perlu dilakukan lagi pada mobil-mobil berteknologi tanpa karburator. Tidak banyak hal yang dapat dilakukan pada mobil-mobil ini. Busi pun dibersihkan dan diganti pada 50.000 sampai 100.000 km. Dengan kata lain, makin sedikit pekerjaan yang dilakukan pada mobil tanpa karburator. Mobil- mobil dengan teknologi maju itu kini cukup dipelihara dengan lebih sering membersihkan saringan udara, mengganti saringan bensin (tanpa timah hitam) dan mengganti saringan oli setiap 10.000 km.
    Meski demikian mesin-mesin itu perlu juga mendapat perawatan berkala dan sesekali diperiksa dengan peralatan tes. Semudah apa pun cara pemeliharaan pada mobil EFI, maupun mobil yang masih menggunakan karburator, proses tune up harus ditunjang perlengkapan memadai. Bagi pemilik mobil berkarburator, keandalan teknisi tua yang menggunakan feeling, masih bisa membantu. Meski akhirnya mobil menjadi enak dipakai, tetapi sudah menghabiskan waktu lebih lama. Sedangkan bila menggunakan beberapa alat seperti, tune up tester, gas analyzer bahkan intelligent tester membuat pekerjaan tune up menjadi lebih cepat dan akurat.
    Ketiga tester itu sesungguhnya menjadi peralatan pokok untuk membuat kinerja mesin tetap optimal. Mobil hemat bensin selalu menunjukkan CO rendah. CO rendah merupakan salah satu indikator kinerja mesin optimal, dan itu baru bisa diketahui setelah menggunakan peralatan tes emisi gas buang yang ditempatkan pada knalpot mobil. CO yang rendah menunjukan telah terjadi pembakaran bahan bakar dan udara optimal dibanding mesin lain dengan CO lebih tinggi. Sesungguhnya kandungan CO, dua sampai tiga persen per volume sudah termasuk tinggi. Karena CO mobil berteknologi EFI (lebih kecil dari satu persen), Gasolin Direct Injection (0.5 persen/volume). Mobil Hibrida Toyota Prius lebih rendah lagi, 0.05 persen/volume.
    Lalu bagaimana teknisi bisa mengetahui kadar emisi gas buang CO rendah, bila bengkel tidak dilengkapi tes meter gas buang. Bila tidak ada, urungkan Anda untuk tune up, cari bengkel lain yang memiliki peralatan lengkap. Mobil-mobil CBU yang ada di negeri ini, sudah menggunakan teknologi-teknologi seperti VVTL-I, V-tec dan berbagai sensor yang digunakan untuk meningkatkan kinerja maupun kenyamanan mobil. Alat tes emisi gas buang saja tidak cukup, harus ada intelligent-tester yang kini masih menjadi barang mewah di mata teknisi.
    Solar untuk diesel
    Banyak orang memilih membeli mobil berbahan bakar solar, karena harga solar separuh harga bensin premium. Meski kurang nyaman, pemilik mobil diesel bisa menghemat. Karena itu, sebagian pemilik mobil diesel kurang memperhatikan warna gas buang, meski sebetulnya warna gas buang hitam menunjukkan mesin itu boros, dan bila di-tune up mesin bisa lebih hemat dan bertenaga. Dengan mengganti saringan udara baru, kejadian itu bisa diatasi, kecuali kondisi mesin mobil sudah payah.
    Ada tiga penyebab mengapa mobil boros atau hemat. Pertama pengaruh pengemudi bisa menghemat atau boros antara 10-15 persen. Kedua, kondisi mesin yang prima ditandai ujung knalpot berwarna abu-abu dan mobil melaju ringan. Ketiga, perlengkapan-perlengkapan meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penumpang seperti power steering dan AC, langsung menambah beban pada mesin yang bisa ikut menaikkan tingkat pemakaian BBM sampai 15 persen.
    Pengemudi
    Perilaku mengemudi yang menjalankan mobil dengan terburu-buru, bukan saja tidak nyaman bagi penumpang tetapi juga memboroskan bahan bakar. Misalnya suka menginjak pedal gas sampai habis dan kemudian mengerem secara mendadak. Cara mengemudi seperti ini jelas makin membuat boros bahan bakar.
    Belum lama berselang penulis mencoba Kijang EFI dari Semarang-Solo pp. Berangkat dari Semarang mengemudikan mobil menggunakan cara sopir angkutan umum yang mengejar setoran, sehingga RPM mesin selalu menunjukkan angka di atas 3.500. Pulangnya menggunakan cara yang lebih santai dan RPM selalu di bawah 3.500. Hasil pengetesan ini amat mengesankan. Waktu berangkat, satu liter bensin hanya untuk menempuh 7,8 km. Ketika pulang, satu liter bensin bisa mencapai 11,8 km.
    Selain lebih aman dalam perjalanan, pengoperasian mobil secara santai menghasilkan penghematan bahan bakar yang lumayan.



  • READ MORE.......


  • (bid/berbagai sumber)

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotivemachine.blogspot.com




    Sistem air pembersih kaca tidak bekerja, Lampu rem, mesin mberebet, Bensin Boros

    Sistem air pembersih kaca tidak bekerja
    montera saya ketika tombol pembersih kaca dihidupkan, tidak keluar air sama sekali, tp wiper nya tetap jalan. Saya cek pompa air di tabung deket filter udara masih bagus, saya tes sendiri pompa nya dengan tegangan 12 volt, semprotan nya kenceng. Terus saya cek kabel ke pompa tsb, ternyata tidak ada tegangan sama sekali ketika tombol di nyalakan. Mohon saran nya, kira2 apanya ya ?
    Oleh yudi
    Jawaban
    Cek PCB motor wiper, ada soldean yang lepas atau renggang.

    Lampu rem
    Blazer montera th 2000 punya aku, lampu hand brake di dash board nyala terus bila kecepatan diatas 60 km/jam, kenapa ya??
    Oleh NANA MULYANA
    Jawaban
    Coba cek switch hand brake atau speed sensor atau EBCM atau rangkaian dioda di bawah bashboard sisi kanan. Mungkin ada dioda yang mati.

    Lampu rem mati
    Mobil saya Blazer 97 DOHC. Problem : Lampu rem tidak menyala saat diinjak rem tetapi center high mounted stop lamp nyala. Saat tombol hazard dipencet lampu belakang juga tidak berkedip. Anehnya sein akan berfungsi apabila tombol hazard dipencet apabila tidak dipencet sein tidak berfungsi. Fungsi lampu senja ok. Saya harus memperbaiki sendiri karena tinggal di Dumai, untuk ke Bengkel Vinsa Pekan Baru butuh waktu 4,5jam, saya tak berani jalan jauh mengingat lampu rem tak berfungsi.Sedangkan cabang Vinsa yang di Dumai nggak mampu. Mohon advis teknikalnya.bisa nggak dikirimi gambar wiring untuk hazard dan flasher + switch yang ada di kemudi baik sein/turn maupun hazard. Saya coba searching di internet permasalahan di atas dan menemukan di http://www.autointell-news.com/News-2002/January-2002/January-2002-5/January-30-02-p9.htm (problemnya persis sama, masalahnya mobil saya kan blazer 97, sedangkan yang di bahas di situ mobil tahun 2001) Terima kasih atas bantuannya
    Oleh PRIYO
    Jawaban
    Blazer dari tahun 1996 s/d 2004 sama semua semua sistem wiringnya. Masalah yang disampaikan ada pada combination switch [switch wiper, sein]. Coba buka part dimaksud, perbaiki switch2nya, biasanya ada yang terbakar.


    mesin mberebet
    pak, blazer saya, dohc 98, rpm dibawah 2000 suka mberebet, tersendat2. kenapa ya? saya sudah tune up, sensor crankshaft di ganti, tapi masih juga. cuma setelah jalan kencang, di tol misalnya, gejala itu hiang, tapi setelah itu muncul lagi..help pls...
    Oleh budi
    Jawaban
    Coba cek kabel busi, busi dan koil.

    Bensin Boros
    Kenapa pemakaian bensin Montera saya boros banget (1:5)
    Oleh Bambang Tutuko
    Jawaban
    Coba cek lagi tekanan pressure regulatornya.




  • READ MORE.......


  • fr.bic.or.id


    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotivemachine.blogspot.com

    Bodi getar, FLASER dan SOKET, LAMPU SIGN, setir Blazer, Radiator

    Bodi getar
    Pak, kenapa montera '01 saya mulai gigi 3 kecepatan 40 terasa bergetar bodynya ? Padahal saya sudah mengganti cross join (baru 2 hari), kondisi kopel masih bagus, mounting juga masih bagus, saya sudah mencoba kembali ke bengkel tempat saya mengganti cross join dan dicoba dg membalance ban namun hasilnya tidak banyak berubah, terima kasih
    Oleh Elki
    Jawaban
    Sudah dipastikan di balance ulang? karena proses dimaksud tidak sederhana dan perlu biaya yang cukup mahal. Sekitar 600 ribuan.

    FLASER dan SOKET
    blazer 98,dimana posisi Flaser sign?,apakah soket dapat dibersihkan dengan contak cleaner?,ukuran tekanan angin ban 32 atau 35? matur nuwun mas.
    Oleh kusdiyanto
    Jawaban
    Posisi flasher di bawah dasboard sisi kanan. Bisa pak. Tekanan angin ban 32psi saat dingin.

    LAMPU SIGN
    blazer th 98,lampu sign kanan saya tidak mau berkedip2 apalagi malam hari,apa ada yang korslet,dimana letak plasernya tanks
    Oleh kusdiyanto
    Jawaban
    Coba cek flasher, dan watt lampu sein. Mungkin ada yang beda wattnya.

    Lampu turn sign,dan setir Blazer.
    Hallo oom, Saya punya tunggangan Blazer Montera 99. 1.Menurut catalog Blazer,setir akan mantap pd kec.tinggi.Dimana sensornya untuk dicheck. 2.Mengapa turn sign Blazer kesannya malas/lelet,bgm mengatasinya? Thks.
    Oleh Ferry S
    Jawaban
    1. Switchnya terletak di selang power steering tekanan tinggi. 2. Coba ganti dengan flasher yang tahun 2000. Biasanya lain flashernya.

    Radiator
    Om master blazer, mau tanya radiator montera saya air tiap dua hari sekali ngisi padahal udah diservice and gak ada kebocoran, apa kemungkinan yang harus dibetulin??? thanks
    Oleh wijaya
    Jawaban
    Coba cek lagi [dengan pompa khusus untuk cek kebocoran sistem pendingin] biasanya kebocoran di selang2x, water pump. Atau bahkan air sudah mulai masuk ruang bakar.



  • READ MORE.......



  • fr. bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotivemachine.blogspot.com


    Komponen dalam mesin mobil

    Mesin adalah penghasil tenaga. Komponen yang tersusun dalam kerja ini amat banyak. Diantara yang paling vital adalah cylinder blok (blok mesin), cylinder head (kepala silinder), piston, ring piston, connecting rod (stang piston), dan crankshaft (poros engkol). Selain itu, ada juga mekanisme katup yang terdiri dari camshaft (poros nok), lifter valve, pushrod, timing belt (timing chain) dan katup (valve). Tapi, jangan lupa satu hal yang juga turut menggerakkan mesin. Yaitu, bahan bakar.
    Baik tidaknya kerja komponen-komponen dalam mesin amat tergantung pada kualitas serta kuantitas oli dan air radiator. Selain itu, penting juga memperhatikan penyetelan-penyetelan (tune-up). Meskipun kondisi komponen mesin tergantung pada oli, air radiator dan tune-up, dalam hal perawatan dan pemeriksaan mobil, bukan berarti tidak penting mengetahui bagaimana kerja mesin menghasilkan tenaga.
    Pada prinsipnya, saat mesin mulai di-starter, poros engkol akan berputar menggerakkan connecting rod. Karena connecting rod bergerak, piston dan ring piston ikut bergerak naik turun. Pada saat poros engkol berputar, timing belt akan menghantarkan gerakan dari poros engkol itu ke poros nok sehingga poros nok juga akan ikut berputar. Putaran poros nok membuat katup terbuka dan tertutup.
    Mobil-mobil sekarang umumnya menggunakan mesin 4 tak. Itu berarti, untuk keluarnya tenaga, pada mesin 4 tak perlu 4 langkah piston. Empat langkah itu adalah hisap, kompresi, usaha (power) dan buang.
    Pada langkah hisap, piston akan bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Pada saat itu, katup hisap terbuka dan katup buang akan tertutup. Saat katup hisap terbuka, bahan bakar akan terhisap ke dalam ruang bakar. Saat yang bersamaan, poros engkol bergerak 90 derajat pertama.
    Di tahap kompresi, piston bergerak dari TMB ke TMA. Pada langkah ini, kedua katup tertutup. Karena tertutup, piston naik. Naiknya piston membuat ruang bakar menyempit. Penyempitan ini mengakibatkan temperatur dan tekanan bahan bakar ikut naik. Di sini, poros engkol bergerak 90 derajat kedua.
    Pada saat posisi poros engkol 5 derajat sebelum TMA, bunga api dari busi terlontar. Bunga api itu membakar bahan bakar yang ada di ruang bakar. Pembakaran menghasilkan tekanan yang akan mendorong piston sehingga ia bergerak dari TMA ke TMB. Pada saat yang sama, kedua katup tertutup. Inilah yang disebut langkah usaha (power). Di sini, poros engkol bergerak 90 derajat ketiga.
    Berikutnya adalah langkah buang. Pada saat ini piston bergerak dari TMB ke TMA. Katup buang terbuka sementara katup hisap tertutup. Pergerakan piston tersebut mengakibatkan gas buang sisa pembakaran terdorong menuju knalpot. Piston bergerak 90 derajat keempat.
    Langkah-langkah ini akan terjadi berulang-ulang sesuai dengan putaran poros engkol. Dengan putaran itu mesin sudah menghasilkan tenaga. Tenaga ini akan dimanfaatkan untuk menggerakkan roda-roda. Selain untuk menggerakkan roda, tenaga juga dikirim ke komponen-komponen yang berfungsi untuk kelangsungan hidup mesin. Misalnya, sistem pengapian, sistem bahan bakar, pengisian, dan sistem kenyamanan semisal AC, power steering.
    Penerus Daya ke Roda

    Tenaga dari mesin ke komponen-komponen tadi dikirim oleh satu media yang disebut penerus daya. Untuk menggerakan roda-roda misalnya, ada beberapa macam penerus daya. Diantaranya penggerak roda depan dan penggerak roda belakang. Dan ada juga penggerak keempat roda sekaligus atau yang biasa dikenal 4WD (wheel drive).
    Model penggerak roda belakang misalnya, peranti penerus daya adalah kopling, transmisi, propeller shaft (kopel), gardan, as roda (axle shaft), bearing roda dan roda-rodanya itu sendiri. Penggerak roda depan juga dibantu oleh peranti-peranti itu, kecuali propeller shaft. Untuk 4WD ada peranti tambahan yang disebut transfer. Selain itu, peranti 4WD juga dilengkapi kopel depan-belakang, gardan depan-belakang, dan as roda depan-belakang.
    Kopling ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam memutus dan menghubungkan tenaga dari mesin ke transmisi. Untuk mendukung kerjanya itu, di dalam kopling terdapat kanvas kopling, coverclutch (matahari), release bearing (laher). Jika kopling tidak berfungsi dengan baik, maka tenaga yang dihasilkan untuk menggerakkan kendaraan berkurang. Bahkan, kendaraan tidak bisa jalan. Bisa juga kerusakan kopling menyebabkan kesulitan melakukan perpindahan gigi transmisi. Beberapa penyebab kopling yang tidak berfungsi baik, bisa karena usia pemakaian atau bisa juga karena kurang tepatnya cara Anda mengemudi.
    Karena itu, kopling sebaiknya juga sering diperiksa. Ada cara konvensional untuk memerika kopling. Hidupkan mesin, kemudian masukkan gigi kendaraan anda ke gigi transmisi 2. Setelah itu injak pedal gas dan pedal rem secara bersamaan. Apabila mesin kendaraan anda mati berarti kanvas kopling masih tebal. Tetapi apabila mesin kendaraan anda tetap hidup berarti berarti kopling sudah slip dan kanvas kopling perlu diganti.
    Yang juga penting untuk diperiksa adalah transmisi. Transmisi ini berfungsi untuk mengatur kecepatan kendaraan atau moment. Ia akan mengirimkan tenaga ke gardan melalui kopel. Jika ia tidak berfungsi dengan baik, atau mungkin terjadi salah pemakaian, mesin mobil Anda bisa mati, atau mungkin tarikannya terasa berat dan tak bertenaga.
    Tanda paling gampang untuk mengetahui baik tidaknya kerja transmisi mobil Anda adalah dengan melakukan perpindahan gigi. Apabila perpindahan giginya mudah, tidak terdengar bunyi-bunyi yang aneh saat mobil meluncur, itu berarti baik. Selain cara berkendara, kesehatan transmisi juga sangat tergantung pada kualitas dan kuantitas oli.
    Pada penggerak roda belakang dan model 4WD, diantara transmisi dan gardan ada kerja kopel. Fungsi utamanya untuk men-stabil-kan ayunan mobil akibat permukaan jalan yang berubah-ubah. Karena permukaan jalan berbeda-beda, maka kopel dilengkapi dengan universal joint. Alat ini bertugas untuk menyesuaikan perubahan sudut permukaan jalan. Ini akan berpengaruh pada kenyamanan Anda berkendara. Apabila universal joint ini macet, maka penerusan daya tidak akan maksimal. Selain itu, body kendaraan akan bergetar saat meluncur. Bila getaran body mobil Anda terasa beda dan berlebihan, sebaiknya Anda mengganti universal joint atau balance kopel.
    Begitu juga dengan gardan. Fungsinya amat penting. Ia berfungsi mengubah putaran dari kopel menjadi 90 derajat dan memperbesar momen. Selain itu, ia juga berfungsi untuk membedakan putaran roda kiri dan kanan pada saat belok.
    Gejala terjadinya kerusakan pada gardan bisa dideteksi lewat suara dengung yang keluar dari gardan. Untuk itu perlu diperiksa minyak pelumas serta stel ulang persinggungan gigi pada gardan.
    Komponen pemindah daya yang tak kalah penting adalah axle shaft dan bearing. Kedua komponen ini berfungsi untuk meneruskan tenaga dan memperlembut putaran roda-roda penggerak. Untuk memaksimalkan umur komponen tersebut, sesuaikan pemakaian beban kendaraan dengan batas-batas yang telah ditentukan. Dan untuk pemeriksaan bearing roda dapat dilakukan dengan mendengarkan bunyi atau dengan mengoyang-goyangkan ban, baik depan maupun belakang.
    Penerus Daya ke Komponen Kenyamanan dan Kelangsungan Hidup Mesin

    Selain untuk menggerakkan roda-roda, tenaga mesin juga dimanfaatkan untuk menggerakkan komponen-komponen yang berhubungan dengan kelangsungan hidup mesin dan kenyamanan pengendara. Komponen-komponen tersebut adalah Timing Belt (untuk tipe-tipe tertentu), Van belt alternator, Van belt Air Conditioning (AC) dan Van belt power steering.
    Timing belt berperan meneruskan putaran poros engkol ke poros nok. Poros nok sendiri bertugas menggerakkan katup-katup, memutar distributor (delco) pada sistem pengapian. Poros nok juga berfungsi untuk menggerakkan pompa bensin di sistem bahan bakar (pada tipe konvensional).
    Karena timing belt berperanan terhadap hidup matinya mesin, maka perlu perawatan secara periodik. Tiap-tiap mobil mempunyai spesifikasi yang berbeda. Biasanya untuk kendaraan sedan waktu penggantian timing belt berdasarkan jarak tempuh kira-kira 50.000 s/d 60.000 km yang ditunjukkan pada odometer.
    Bila sudah sampai angka itu, sebaiknya Anda mengganti timing belt. Apabila tidak diganti bisa putus. Sebab, timing belt terbuat dari karet khusus. Dan bila putus, mesin mobil bisa mogok bahkan bisa menyebabkan klep-klep dan silinder head (kepala silinder) bisa bengkok atau cacat. Bila hal itu terjadi , biaya perbaikan akan jauh lebih mahal.
    Van belt Alternator berfungsi untuk menggerakkan dynamo ampere (Alternator) pada sistem pengisian, dan untuk menggerakkan pompa air (water pump) pada sistem pendinginan. Apabila van belt ini putus, bisa mengakibatkan kelistrikan mobil tak bekerja. Bahkan mesin mogok. Selain itu, dapat pula mengakibatkan mesin kendaraan mengalami panas yang berlebihan (overheating).
    Van belt Air Conditioning (AC) berfungsi untuk menggerakkan kompresor AC. Apabila van belt ini kendor atau putus, kerja AC kendaraan akan terganggu. Ini berarti pengendara gagal mendapatkan kenyamanan AC.
    Sedangkan Van belt Power steering berfungsi untuk menggerakkan pompa power steering. Apabila van belt ini putus, steer mobil menjadi berat terutama pada kondisi parkir.
    Nah, karena van belt mempunyai peran yang sangat penting, maka ada beberapa hal yang perlu diperiksa tentang kondisi van belt ini. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan melihat van belt. Periksa kemungkinan karet atas dengan bagian bawah inti terpisah, bagian pinggir inti dan inti van belt terpisah. Atau, mungkin juga terjadi retak-retak, terpisahnya pemisahan rusuk-rusuk van belt, rusuk-rusuknya sobek atau pecah-pecah di bagian bubungan rusuk van belt. Coba juga menekan-nekan van belt. Dengan cara ini, Anda bisa menguji ketegangan dan kekencangan van belt.





  • READ MORE.......






  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Bagaimana Mesin di Servis

    Sekali lagi, banyak buku tentang topik ini, tetapi beberapa poin-poin penting sering terlupakan atau terlewati. Ada empat daerah bermasalah yang saya ketahui, yaitu kapan, apa, bagaimana dan oli.
    • Seberapa Sering - Seperti rekomendai pabrik. Tetapi bila spare-part banyak yang bukan asli, ini dapat merubah interval servis. Saya rasa ganti oli, termasuk filter dan mengatur dan memeriksa kerapatan katup, biasanya dilakukan setiap 3,000 km.
    • Kapan dan Apa - Biasakan untuk mengikuti prosedur yang baik, termasuk didalamnya keselamatan. Sebelum membuka tutup katup, bersihkan kotoran dari daerah ini untuk mencegah masuknya kotoran tersebut kedalam mesin. Sama juga bila ingin membuka busi-busi. Ingat, VW memiliki dua pilihan untuk tipe busi, tergantung dari temperatur normal. (tipe 4 menggunakan busi tiga per empat inci - sering saya temukan penggunaan busi setengah inci). Pada saat membuka air cleaner, tutuplah karburator. Juga pastikan sil air cleaner dan sambungan-sambungannya ada pada kondisi yang baik.
    • Oli - Setiap orang memiliki merek oli pilihannya, untuk berbagai macam alasan, tetapi jika anda memasang alat pengukur panas mesin, anda bisa mencoba berbagai macam merek oli dan membukukan temperaturnya, ada sebagian tipe oli yang bisa mendinginkan lebih baik dari merek yang lain sampai sebanyak 10 derajat selsius. VW memiliki spesifikasi oli yang digunakan. Oli 20w50 sangatlah kental untuk melewati pendingin oli, oleh sebab itu temperatur olinya makin panas karena tidak dapat melepas panas pada saat melewati kisi-kisi pendingin oli. Coba potong dan belah pendingin oli, anda akan melihat apa yang saya maksud. Secara garis besar, oli untuk mesin turbo tidak cocok dipakai untuk mesin berpendingin udara, karena oli dirancang untuk tahan panas dan tidak dapat dengan mudah melepas panas pada saat melewati kisi-kisi pendingin oli. Bertentangan dengan apa yang barusan saya katakan, saya pribadi menggunakan oli Castrol GTX2 pada Kombi saya, karena saya melihat temperatur oli adalah serendah oli-oli yang harganya
    jauh lebih mahal. Oli Castrol GTX2 memakai modifikasi gesekan (friction modified) - oli jika dilihat dari mikroskop berupa gigi-gigi gergaji bundar, "friction modified" memangkas gigi-gigi tersebut) yang membantunya melewati kisi-kisi pendingin oli, walau oli akan menjadi panas bila melewati kira-kira 3,000 km dan diharuskan menggantinya. VW tidak merekomendasikan "oil additive" untuk mesin, tetapi "oil additive" yang pernah saya pakai setidak-tidaknya mengurangi temperatur mesin sebanyak 5 sampai 10 derajat celcius.



  • READ MORE.......





  •  (bid/berbagai sumber)
    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........

    www.automotivemachine.blogspot.com

    Lampu rem, sistem air pembersih kaca, mesin mberebet, Bensin Boros

    Sistem air pembersih kaca tidak bekerja montera saya ketika tombol pembersih kaca dihidupkan, tidak keluar air sama sekali, tp wiper nya tetap jalan. Saya cek pompa air di tabung deket filter udara masih bagus, saya tes sendiri pompa nya dengan tegangan 12 volt, semprotan nya kenceng. Terus saya cek kabel ke pompa tsb, ternyata tidak ada tegangan sama sekali ketika tombol di nyalakan. Mohon saran nya, kira2 apanya ya ?
    Oleh yudi
    Jawaban
    Cek PCB motor wiper, ada soldean yang lepas atau renggang.

    Lampu rem
    Blazer montera th 2000 punya aku, lampu hand brake di dash board nyala terus bila kecepatan diatas 60 km/jam, kenapa ya??
    Oleh NANA MULYANA
    Jawaban
    Coba cek switch hand brake atau speed sensor atau EBCM atau rangkaian dioda di bawah bashboard sisi kanan. Mungkin ada dioda yang mati.

    Lampu rem mati
    Mobil saya Blazer 97 DOHC. Problem : Lampu rem tidak menyala saat diinjak rem tetapi center high mounted stop lamp nyala. Saat tombol hazard dipencet lampu belakang juga tidak berkedip. Anehnya sein akan berfungsi apabila tombol hazard dipencet apabila tidak dipencet sein tidak berfungsi. Fungsi lampu senja ok. Saya harus memperbaiki sendiri karena tinggal di Dumai, untuk ke Bengkel Vinsa Pekan Baru butuh waktu 4,5jam, saya tak berani jalan jauh mengingat lampu rem tak berfungsi.Sedangkan cabang Vinsa yang di Dumai nggak mampu. Mohon advis teknikalnya.bisa nggak dikirimi gambar wiring untuk hazard dan flasher + switch yang ada di kemudi baik sein/turn maupun hazard. Saya coba searching di internet permasalahan di atas dan menemukan di http://www.autointell-news.com/News-2002/January-2002/January-2002-5/January-30-02-p9.htm (problemnya persis sama, masalahnya mobil saya kan blazer 97, sedangkan yang di bahas di situ mobil tahun 2001) Terima kasih atas bantuannya
    Oleh PRIYO
    Jawaban
    Blazer dari tahun 1996 s/d 2004 sama semua semua sistem wiringnya. Masalah yang disampaikan ada pada combination switch [switch wiper, sein]. Coba buka part dimaksud, perbaiki switch2nya, biasanya ada yang terbakar.


    mesin mberebet
    pak, blazer saya, dohc 98, rpm dibawah 2000 suka mberebet, tersendat2. kenapa ya? saya sudah tune up, sensor crankshaft di ganti, tapi masih juga. cuma setelah jalan kencang, di tol misalnya, gejala itu hiang, tapi setelah itu muncul lagi..help pls...
    Oleh budi
    Jawaban
    Coba cek kabel busi, busi dan koil.

    Bensin Boros
    Kenapa pemakaian bensin Montera saya boros banget (1:5)
    Oleh Bambang Tutuko
    Jawaban
    Coba cek lagi tekanan pressure regulatornya.




  • READ MORE.......


  • fr. bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Tips Menjalankan Kendaraan Baru

    Memiliki Kendaraan Baru berarti harus mencermati buku panduannya untuk keamanan & kenyamanan.
    Bagi anda yang baru saja membeli mobil baru, agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka kendaraan harus diperlakukan dan dijalankan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pabrik pembuatnya. Untuk 3.000 km pertama, kendaraan harus dijalankan dengan cara-cara khusus seperti berikut ini:

    1. Bacalah dan laksanakan dengan seksama buku petunjuk menjalankan kendaraan.
    2. Janganlah bekerja pada putaran mesin yang terlampau tinggi. Hendaknya diusahakan agar putaran mesin selalu lebih rendah dari pada 60% dari putaran mesin yang maksimum.
    3. Panaskan mesin terlebih dahulu, jangan menjalankan kendaraan dengan tiba-tiba, jangan mengadakan akselerasi dan janganlah mengerem dengan tiba-tiba.
    4. Sesudah kendaraan menjalani 1.000 km yang pertama, gantilah minyak pelumas mesin, minyak pelumas persneling dan roda gigi diferensial.
    5. Setelah kendaraan menjalani 3.000 km, ada kemungkinan baut-bautnya menjadi kendor. Maka bawalah kendaraan ke bengkel untuk diperiksa dan dikokohkan baut dan sekrupnya. Periksalah juga celah bebas katupnya.
    6. Setiap kendaraan memiliki ciri-cirinya yang khas. Oleh karena itu, sebelum anda mengenal kendaraan anda dengan baik, janganlah sekali-kali menjalankan kendaraan anda pada kecepatan tinggi. Hal itu terutama ditinjau terutama dari segi keamanan dan keselamatan dalam perjalanan.




  • READ MORE.......



  • fr.OtoTips

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


     
     
     

    Total Tayangan Halaman